Cara Ampuh Mengobati Sakit Mata dengan Bahan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit mata bisa terjadi setiap waktu. Penyakit mata bisa terjadi karena paparan bakteri atau virus, tetapi tidak menutup kemungkinan pula akibat asap dan kotoran. Seseorang yang mengalami sakit mata akan menunjukkan gejala berupa mata perih, gatal, keluar kotoran, kemerahan, dan berair.

Gangguan kesehatan ini tentu membuat Anda tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, demi menghindari risiko yang lebih membahayakan. Karenanya diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Melansir laman halodoc, berikut cara meringankan gejala yang muncul dengan beberapa bahan alami berikut ini.

Gunakan larutan saline

Mengobati sakit mata dengan bahan alami pertama adalah menggunakan larutan garam atau saline. Pasalnya, garam memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan kuman yang menjadi penyebab infeksi pada mata. Selain itu, garam juga efektif untuk mengatasi mata yang kering dan membersihkan organ tersebut.

Teteskan larutan garam pada mata yang terinfeksi secara rutin sebanyak tiga sampai empat kali sehari dan keringkan secara hati-hati menggunakan tisu. Hindari menggosok mata dengan tangan kotor karena bisa memperburuk gejala.

Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin juga bisa membantu meringankan gejala sakit mata. Ini bekerja lebih baik untuk mata yang mengalami memar dan bengkak. Rendam kain handuk dalam air dingin selama beberapa waktu sebelum kamu memakainya. Setelah itu, kompres bagian kelopak mata yang memar selama sekitar 10 sampai 15 menit.

Kompres kantung teh

Teh memiliki kandungan antioksidan yang cukup efektif untuk meringankan gejala sakit mata, seperti mata kering, merah, dan bengkak. Anda bisa mendinginkan kantung teh yang basah selama beberapa saat. Lalu, kompreskan kantung teh pada bagian mata yang sakit sebanyak dua sampai tiga kali sehari selama sekitar 20 sampai 30 menit.

Kompres hangat

Kompres hangat juga dapat membantu meringankan gejala sakit mata, seperti mata merah, kering, dan mengalami pembengkakan. Tak hanya itu, mengompres mata dengan kain hangat juga membantu mengurangi rasa nyeri dan membuat otot mata menjadi lebih relaks.

Populer video

Berita lainnya