Begini Cara Mudah Menjaga Kuku Cantik dan Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Perawatan Kuku
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Seperti halnya rambut dan kulit, kuku cantik nan terawat juga merupakan bagian dari keseluruhan penampilan. Namun faktanya, banyak orang melupakan perawatan kuku, atau mungkin tidak menganggapnya penting.

Padahal, menjaga kuku tetap sehat dan cantik itu mudah. Bahkan sebenarnya tidak perlu biaya yang terlampau mahal untuk mendapatkannya. Melansir laman halodoc, berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan kuku cantik dan sehat.

Jangan memotong kutikula

Kutikula adalah penghalang alami untuk jamur dan bakteri. Karenanya, jangan pernah memotong kutikula saat merawat kuku saat di salon ataupun di rumah. Ini tak hanya akan membuat kutikula jadi lebih jelek, bahkan juga memicu infeksi pada dasar kuku. Bukan tidak mungkin juga jika kuku akan rusak permanen.

Batasi prosedur manikur

Manikur adalah perawatan kuku yang sangat digemari. Untuk sesaat mungkin prosedur ini membuat kuku terlihat cantik. Namun, jika terlalu sering, ini bisa membuat kuku jadi kering dan rapuh. Penyebabnya kemungkinan adalah paparan bahan kimia yang digunakan selama prosedur.

Kurangi penggunaan aseton

Aseton sering digunakan untuk menghapus kutek atau cat kuku. Sesekali mungkin tidak masalah. Namun, jika terlalu sering digunakan, aseton dapat membuat kuku jadi rapuh dan rusak.

Hindari penggunaan amplas yang kasar

Mengikir kuku dengan menggunakan papan amplas mungkin sering dilakukan agar kuku cantik dan halus. Padahal, sebenarnya kebiasaan ini berbahaya. Boleh saja menggunakan amplas yang halus pada kuku , asal dilakukan dengan benar. Sebab, mengamplas kuku dengan amplas kasar dapat memicu munculnya celah kecil dan retakan, yang menyebabkan kerusakan dan robekan pada kuku.

Lembabkan dasar kuku dan kutikula

Untuk menjaga kuku tetap cantik bisa juga dengan melembapkan dasar kuku akan membantu kuku tumbuh. Hal ini juga dapat membuat kutikula terlihat lebih baik dan membantu melindungi kuku agar tidak patah karena kurangnya kelembapan.

Jika kuku rentan patah, itu bisa menandakan bahwa kuku membutuhkan kelembapan. Mengoleskan minyak di sekitar kutikula dapat membantu melembabkan seluruh kuku, yang akan mengurangi insiden kuku retak dan pecah.

Jangan mencuci tangan berlebihan

Tak hanya berdampak pada kulit, mencuci tangan berlebihan juga bisa membuat kuku rusak dan tidak cantik lagi. Solusinya, hindari cuci tangan berlebihan dan gunakan pelembap di area kutikula beberapa kali sehari.

Minum suplemen biotin

Seseorang dengan kuku yang lemah dapat mengonsumsi suplemen biotin. Suplemen biotin bermanfaat untuk memperkuat dan menumbuhkan kuku.

Populer video

Berita lainnya