Ketahui Cara Jitu Mengatasi Gigi Sensitif

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Gigi Sensitif
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gigi sensitif ditandai dengan rasa ngilu saat seseorang menyikat gigi atau mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Kondisi ini sebenarnya bukan disebabkan oleh makanan atau minuman tersebut, melainkan adanya masalah pada gigi.

Untuk menangani gigi yang sensitif sebenarnya cukup mudah. Penyebab utama gigi sensitif sebenarnya adalah enamel gigi yang aus atau akar gigi yang terluka. Enamel sendiri merupakan pelindung keras yang membantu gigi mengunyah makanan. Melansir laman halodoc, berikut perawatan yang bisa Anda lakukan.

Jangan menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras tidak akan membuat gigi semakin bersih. Kebiasaan ini malah dapat mengikis lapisan-lapisan enamel gigi. Jadi, sikatlah gigi secara perlahan dengan gerakan memutar. Pastikan juga Anda memilih sikat dengan bulu yang lembut sehingga mampu menjaga enamel gigi tetapi tetap berfungsi membersihkan plak.

Hindari makanan dan minuman asam

Soda, permen dan minuman kemasan yang tinggi gula adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat menyerang email gigi. Makanan-makanan tersebut justru mampu melembapkan mulut dan membantu melawan asam serta bakteri yang bisa menggerogoti email gigi.

Pilih pasta gigi khusus

Pilih pasta gigi yang berlabel khusus untuk gigi yang sensitif. Pasta gigi ini tidak mengandung bahan-bahan yang mengiritasi dan mungkin mengandung bahan-bahan yang membantu mengurangi ketidaknyamanan.

Obati kondisi medis

Kondisi medis tertentu nyatanya mampu menimbulkan masalah gigi yang satu ini. Penyakit asam lambung dan bulimia adalah beberapa diantaranya.

Atasi stres dengan baik

Terkadang stres dapat memicu bruxism, yaitu kebiasaan menggertakan atau menggesekan gigi secara tidak sadar. Kondisi ini sering terjadi saat tidur di malam hari dan pengidapnya tidak menyadarinya. Beberapa pemicunya adalah stres, konsumsi kafein atau kebiasaan tertentu.

Jangan lakukan bleaching

Gigi sensitif adalah salah satu efek samping dari bleaching. Terlalu sering melakukan perawatan ini tentu tidak direkomendasikan dan bisa semakin mengikis enamel gigi.

Lakukan perawatan gigi secara rutin

Melakukan perawatan gigi ke dokter secara rutin mampu meminimalisir masalah gigi dan mulut yang menyebabkan gigi lebih sensitif. Saat melakukan perawatan di dokter, biasanya dokter akan mengoleskan gel fluoride, membilas atau memoleskan pernis pada gigi untuk meningkatkan perlindungan pada gigi.

Populer video

Berita lainnya