Ecobricks, Solusi Pengolahan Sampah Plastik Tanpa Modal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://ecobricks.org

Apakah Anda sedang merasakan keresahan akibat jumlah sampah plastik yang semakin meningkat di sekitar Anda? Apakah Anda mulai tidak nyaman dengan pola hidup yang menghasilkan sampah plastik setiap harinya? Apakah Anda ingin melakukan sesuatu terhadap kondisi yang terjadi saat ini tentang sampah plastik?

Jika Anda mengalami hal-hal di atas, maka Anda sedang menuju pada kesadaran tentang penggunaan plastik yang berlebihan di masyarakat. Kita perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi hal ini. Setidaknya, jangan biarkan sampah plastik bertambah di rumah Anda setiap hari.

Ecobriks menjadi salah satu solusi tanpa modal yang dapat Anda terapkan di rumah. Pernahkah mendengar istilah Ecobrick sebelumnya?

Ecobricks adalah istilah yang digunakan untuk bata ramah lingkungan. Tetapi ecobricks bukanlah bata yang berwujud batu berwarna merah. Ecobricks terbuat dari botol plastik yang diisi dan dipadatkan dengan sampah-sampah plastik, utamanya sampah plastik yang tidak bisa terurai.

Pembuatan ecobricks sama sekali tidak menggunakan cara yang sulit. Dan lebih menariknya, Anda tidak membutuhkan modal untuk membuat Ecobricks ini. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ecobricks:

  1. Botol-botol plastik
  2. Sampah plastik yang dikumpulkan dari sekitar Anda
  3. Lap
  4. Tongkat kayu yang cukup masuk ke dalam botok, untuk memadatkan isi dalam botol

Setelah mengumpulkan bahan yang dibutuhkan, ikuti langkah-langkah ini untuk membuat Ecobricks:

  1. Cuci semua botol-botol plastik dan sampah plastik yang sudah dikumpulkan. Cuci hingga bersih, agar tidak ada bakteri yang tumbuh di dalam botol dan sampah plastik.
  2. Keringkan hingga betul-betul kering, sehingga tidak ada air yang tersisa ketika sampah plastik dimasukkan ke dalam botol. Ini juga menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri pada Ecobricks. Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan lap kain yang bersih.
  3. Setelah kering, masukkan sampah plastik ke dalam botol. Padatkan hingga tidak menyisakan ruang di dalam botol. Gunakan tongkat kayu untuk memadatkan isi di dalam botol. Ecobricks yang berhasil tidak akan mengeluarkan bunyi atau kempes pada saat ditekan.
  4. Setelah Ecobricks jadi beberapa botol, Anda dapat Menyusun Ecobricks menjadi bentuk yang Anda inginkan, seperti meja, kursi atau rak. Jumlah Ecobricks disesuaikan dengan kebutuhan untuk setiap benda yang Anda buat.

Mudah bukan membuat Ecobricks? Semoga tips ini membantu Anda untuk mengurangi sampah plastik di sekitar Anda, ya. Semangat kurangi sampah!

Populer video

Berita lainnya