Selain Meningkatkan Energi, Kopi juga Bermanfaat untuk Rambut lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kopi merupakan minuman yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan energi tubuh, membantu membakar lemak, hingga menurunkan risiko diabetes tipe 2. Ternyata, selain manfaat yang disebutkan tadi, tahukah Anda bahwa kopi juga memiliki manfaat bagi rambut?

Meski belum banyak penelitian yang mendukung klaim manfaat kopi ini, beberapa riset menjelaskan bahwa kafein di dalam kopi dianggap berpotensi dalam mempercantik penampilan dan tekstur rambut. Melansir laman sehatQ, berikut manfaat kopi untuk rambut.

Merangsang pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja, baik pria atau wanita. Mengoleskan kopi ke bagian rambut dan kulit kepala dipercaya dapat mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut.

Sebuah studi laboratorium yang dirilis dalam International Journal of Dermatology menyatakan, kafein ampuh dalam menghambat efek DHT pada folikel rambut pria. Para peserta studi mengalami peningkatkan batang rambut dan akar lambut yang lebih panjang serta lebar. Pada wanita, kafein juga mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Membuat rambut berkilau dan halus

Kopi mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang dipercaya bisa mendorong regenerasi rambut dan memperbaiki rambut kusam. Ditambah lagi, minuman ini juga diyakini bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diurai.

Namun, tidak sedikit yang meragukan manfaat kopi untuk rambut yang satu ini karena sifat diuretik-nya berpotensi membuat rambut menjadi kering. Fakta yang ada justru sebaliknya, dikutip dari Healthline, kafein bisa mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami pada rambut.

Menghilangkan uban secara alami

Minuman yang ini dipercaya bisa menggelapkan uban di rambut secara alami. Namun, tidak semua jenis kopi bisa menghitamkan uban secara maksimal. Salah satu kopi untuk menghitamkan rambut yang dapat Anda coba adalah espresso.

Mengangkat sel kulit mati dari kulit kepala

Kopi dianggap ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dari kulit kepala. Minuman ini juga dianggap mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut baru yang membantu memperkuat akar rambut.

Selain itu, ada klaim yang menyatakan bahwa membilas rambut dengan kopi bisa membuat kulit kepala menjadi bersih. Walaupun demikian, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan klaim manfaat tersebut.

Populer video

Berita lainnya