Cara Membangun Teamwork yang Solid

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Membangun Teamwork
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bekerja sama dengan orang lain memang membuat suatu pekerjaan rampung lebih baik. Namun dalam menjalankannya, perlu membangun tim kerja yang baik, dan itu tidak mudah. Pasalnya, rentan terjadinya tabrakan kepentingan sehingga menimbulkan konflik.

Ya, tidak selamanya teamwork berjalan dengan lancar. Ada saja kendala yang bisa membuat orang memilih untuk mengerjakan suatu tugas seorang diri ketimbang harus terlibat dalam tim. Nah, melansir laman sehatQ, ada beberapa cara membangun tim kerja yang baik.

Peran pemimpin yang tepat

Dalam sebuah teamwork dibutuhkan seorang pemimpin. Tentunya sosok pemimpin itu harus bijaksana yang mampun menentukan sikap ketika perlu mengambil keputusan. Hal yang terpenting adalah, pemimpin ini tahu apa yang harus dilakukan di saat menghadapi masalah.

Komunikasi yang lancar

Mustahil membangun tim kerja yang baik apabila komunikasi tidak lancar. Tim yang baik akan sering berkomunikasi dan efektif. Mereka tak raguberbagi ide, bertanya dan menerima kritik. Tidak selalu harus saling setuju, setidaknya teamwork yang baik tahu bagaimana cara mengomunikasikan perbedaan mereka dan sepakat pada satu hal.

Selain itu, sepakati cara komunikasi yang disepakati dalam tim. Ini menjadi semacam norma tak tertulis ketika berdiskusi soal pekerjaan. Barulah tentukan pula hal-hal teknis seperti platform untuk berkomunikasi dan seterusnya.

Buat peraturan dalam tim

Bukan peraturan yang kaku dan tertulis dalam berlembar-lembar kertas, ini adalah aturan demi menjaga tiap orang dalam tim tetap satu pikiran. Selain itu, aturan ini juga yang membantu menjaga produktivitas setiap anggota dalam tim. Makin awal aturan diterapkan, akan makin baik.

Saling menghargai dan mengapresiasi

Cara membangun tim kerja yang baik juga bisa dengan menghargai serta memberikan apresiasi kepada mereka. Sebab, pegawai yang merasa puas dan dihargai akan bekerja lebih optimal. Tidak harus dengan uang, penghargaan berupa apresiasi saja bisa membuat tim menjadi lebih solid.

Ruang kerja

Baik bekerja di kantor maupun remote, harus ada ruang kerja yang memang spesifik digunakan untuk bertukar pikiran. Ketika ada ruang kerja yang efektif, maka tiap anggota dalam tim bisa bekerja secara produktif sesuai perannya masing-masing.

Mengambil jeda

Penting untuk mengambil jeda atau refreshing bersama anggota tim lainnya sebagai cara membangun tim kerja yang baik. Ketika sudah merasa rileks, di situlah produktivitas akan meningkat. Bentuknya bisa dengan makan bersama atau sepakat pulang lebih awal untuk quality time bersama anggota tim.

Ucapkan terima kasih

Menghargai orang lain dengan mengucapkan terima kasih bisa memberi suntikan semangat dalam bekerja. Bahkan, ucapan semacam ini bisa membuat anggota tim merasa lebih berharga dan saling percaya satu sama lain. Baik hal kecil maupun besar, berterima kasihlah kepada anggota tim.

Hadapi konflik

Wajar ketika ada perbedaan pendapat bahkan konflik di antara anggota dalam tim. Cara membangun tim kerja yang baik adalah dengan mencari jalan tengah asalkan tiap orang merasa didengarkan dan dihargai. Bahkan sebenarnya, konflik adalah ruang untuk belajar bagaimana menghadapi orang lain dalam konflik. Tak lupa, hargai perbedaan tiap anggota tim.

Populer video

Berita lainnya