Usir Rambut Berminyak, Simak Kiat Berikut Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Atasi Rambut Lepek Berminyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum atau minyak yang berlebih di rambut. Hal itu bisa dipicu oleh kondisi medis tertentu, kebiasaan yang Anda lakukan, atau produk rambut yang Anda gunakan. Ya, apa pun penyebabnya, rambut lepek dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi kondisi tersebut dengan perawatan sederhana di rumah, seperti dilansir dari laman klikdokter.

Jangan sering disisir

Saat minyak terasa menumpuk, Anda mungkin jadi tergoda untuk menyisir rambut. Ternyata, terlalu sering bisa merusak rambut Anda. Perlu diketahui, menyisir rambut terlalu sering dan keras dapat menghasilkan lebih banyak minyak dengan menyebarkannya melalui rambut. Selain itu, untuk mengatasi rambut berminyak, biasakan untuk membersihkan sisir setiap saat.

Hindari produk rambut tertentu

Banyak produk yang menjanjikan rambut Anda bersinar. Namun, saat rambut sudah berkilau akibat minyak yang berlebih, tentu Anda harus berhenti atau menghindari produk rambut ini. Hal yang sama juga berlaku untuk sampo. Intinya, apa pun produk yang menjanjikan rambut berkilau, bukanlah pilihan terbaik jika rambut Anda sudah berminyak dari sananya.

Pilih sampo dengan bahan alami

Pilihlah produk sampo yang mengandung bahan alami, seperti bahan tea tree yang bersifat anti-peradangan atau ekstrak rumput laut. Pasalnya, kandungan ini mampu bekerja cepat menghilangkan minyak berlebih dari kulit.

Anda juga bisa mencoba mencampurkan lidah buaya dengan perasan lemon untuk mengatasi rambut berminyak sekaligus sebagai perawatan rambut. Kombinasi keduanya mampu membantu mengontrol produksi sebum dan membuat rambut Anda lebih lembut.

Pakai sampo anti ketombe

Bila produksi minyak rambut berlebih, Anda rentan terhadap ketombe. Minyak yang menumpuk tersebut pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan jamur malassezia yang berlebih.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sampo antiketombe yang memiliki bahan-bahan khusus seperti mengandung zinc pyrithione, yang baik untuk mengurangi tingkat jamur, sehingga otomatis dapat mengurangi ketombe.

Biasakan mengeringkan rambut

Untuk menghilangkan rambut berminyak, Anda bisa membiasakan diri mengeringkan rambut. Pengering rambut bisa membantu karena panas yang dihasilkan dapat menyerap minyak kulit kepala. Namun, pastikan mengatur tingkat suhu serendah mungkin demi menghindari kerusakan akibat panas.

Jangan menyentuh rambut terus-terusan

Hindarilah menyentuh rambut terlalu sering. Pasalnya, kebiasaan ini dapat merangsang lebih banyak produksi kelenjar minyak. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki kebiasaan menyentuh kulit wajah saat minyak sedang banyak-banyaknya berproduksi.

Jangan terlalu sering mengikat rambut

Kebiasaan mengikatrambut setiap hari bisa membuat rambut menjadi beminyak. Oleh karena itu, menghindari kebiasaan ini termasuk salah satu cara mengatasi rambut berminyak. Ketika rambut diikat, minyak alami rambut dapat “terjebak” dan terpusat pada kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi lebih berminyak dan rambut pun menjadi mudah bercabang.

Kurangi stres

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penyebab rambut berminyak bisa jadi akibat stres. Kondisi tersebut berhubungan dengan peningkatan kadar kortisol pada saat Anda stres. Hal ini membuat produksi kelenjar minyak jadi berlebih dan sukar terkontrol.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Berdasarkan jurnal Advances in Dermatology and Allergology pada tahun 2016, dilaporkan bahwa diet atau pola makan berperan dalam produksi minyak di kulit. Susu dan produk olahannya serta makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memengaruhi produksi hormon androgen dan memicu produksi minyak berlebih.

Populer video

Berita lainnya