Lupakan Kenangan Buruk di Masa Lalu? Coba Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kenangan Buruk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak faktor yang membuat seseorang sulit melupakan kenangan di masa lalu. Terlebih lagi kenangan buruk yang membuat seseorang trauma atas kejadian tersebut dan berharap tidak terjadi lagi di masa depan.

Meski sulit, melupakan masa lalu yang buruk harus tetap dilakukan. Sebab jika dibiarkan, kenangan itu bisa memengaruhi kehidupan sosial orang bersangkutan. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa cara untuk lepas dari genggaman masa lalu.

Melakukan afirmasi positif

Adakalanya, self talk atau berbincang pada diri sendiri membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, pada suatu kondisi, self talk yang buruk bisa membuat Anda terjebak dalam suatu keadaan yang juga buruk. Terutama ketika itu berhubungan dengan masa lalu Anda yang tidak menyenangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan kalimat positif atas hal-hal yang telah terjadi pada diri Anda.

Menghindari orang dari masa lalu terkait

Seseorang akan cenderung menjauhi orang atau situasi yang membuatnya mengingat kembali kenangan buruk di masa lalu. Meski begitu, cara ini tetap dinilai tepat dilakukan, apalagi ketika orang bersangkutan memberikan dampak yang sangat negatif pada Anda.

Dengan memutus hubungan dengan orang tersebut, Anda tidak lagi harus memikirkan, memproses, hingga mengingat kembali kenangan buruk bersamanya. Anda pun bisa lebih fokus untuk mewujudkan rencana masa depan tanpa bayang-bayang masa lalu.

Fokus pada diri sendiri

Agar tidak terus memikirkan hal-hal buruk di masa lalu, cobalah untuk fokus pada diri sendiri. Kemudian, fokuslah pada hal-hal yang bisa Anda syukuri, segala hal baik, kecil maupun besar, yang telah terjadi baru-baru ini di hidup Anda.

Saat Anda telah bisa fokus ke diri sendiri, kejadian di masa lalu tidak akan banyak mengganggu masa depan Anda. Ini karena Anda bisa memilih bagaimana memandang hal-hal yang terjadi di masa lalu.

Sayangi diri sendiri

Berhenti untuk menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang telah terjadi di masa lalu. Coba untuk menyayangi diri sendiri dan melakukan hal-hal baik untuk diri Anda. Dan penting pula untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Biarkan emosi hilang dengan sendirinya

Seseorang seringkali takut untuk menghadapi duka, amarah, kecewa, dan sedih yang terjadi pada dirinya. Padahal, jika emosi tersebut tidak diungkapkan, akan mengganggu proses melupakan itu sendiri. Jadi, biarkanlah emosi itu muncul dan mereda dengan sendirinya.

Ini juga akan berkaitan dengan kondisi kesehatan mental Anda. Saat emosi tersebut tidak diungkapkan, bisa membuat seseorang terjebak di dalamnya.

Ikhlas

Menunggu orang yang sudah menyakiti Anda di masa lalu untuk meminta maaf akan mengganggu proses melupakan itu sendiri. Jadi, tidak ada salahnya untuk menerima dengan ikhlas bahwa orang tersebut memang tidak ingin meminta maaf.

Populer video

Berita lainnya