Tips Mepererat Hubungan Antara Ayah dan Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ayah ANak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tak hanya ibu, peran ayah juga penting dalam tumbuh kembang anak, terkhusus dalam perkembangan karakter anak. Sebabm anak yang dekat dengan ayahnya disinyalir punya tingkat kepercayaan diri dan intelektual yang lebih tinggi.

Salah satu cara untuk mempererat hubungan ayah dan anak adalah dengan menghabiskan waktu bersama. Dengan begitu, anak merasa dirinya penting dan diutamakan. Melansir laman halodoc, berikut ini tips memperkuat hubungan ayah dan anak.

Tunjukan kasih sayang

Kasih sayang berperan besar dalam perkembangan emosi dan neurobiologis anak. Ayah bisa menunjukan kasih sayangnya dengan sering menyentuh Si Kecil secara lembut, atau peluk anak dalam beberapa kali sehari. Sapa mereka dengan ekspresi hangat, berikan kontak mata dan tersenyum.

Ungkapkan rasa cinta

Ungkapkan rasa cinta kepada anak setiap hari. Bahkan ketika Si Kecil sulit atau melakukan sesuatu yang tidak orang tua sukai. Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagus untuk mengingatkan mereka bahwa ayahnya mencintainya.

Tetapkan batasan, aturan, dan konsekuensi

Anak membutuhkan bimbingan untuk tumbuh dan belajar tentang dunia di sekitarnya. Bicarakan pada anak tentang batasan, aturan dan konsekuensi dari setiap perilakunya. Ketika aturan dilanggar, berikan konsekuensi yang sesuai dengan usia anak secara konsisten.

Dengarkan dan berikan empati

Akui perasaan anak dan tunjukan ayah mengerti apa yang dirasakannya. Yakinkan anak bahwa ayah akan selalu ada untuk membantu apa pun yang mereka butuhkan. Lihat sesuatu dari sudut pandang anak untuk menumbuhkan rasa saling menghormati.

Makan bersama

Luangkan waktu untuk makan bersama di rumah bersama keluarga. Biasanya, waktu makan seringkali menghasilkan percakapan yang menyenangkan sehingga mempererat hubungan keluarga. Waktu makan juga bisa menjadi kesempatan besar bagi ayah untuk mengajari anak-anak pentingnya pola makan yang sehat dan seimbang.

Populer video

Berita lainnya