Begini Resep Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Cemburu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cemburu kepada pasangan menjadi pertanda rasa sayang dan kepedulian Anda kepadanya. Namun yang menjadi masalah adalah cemburu yang berlebihan. Hal itu justru memicu konflik dan membuat pasangan memperburuk suasana.

Terlebih di era media sosial seperti sekarang ini. Begitu banyak informasi yang berseliweran, sehingga membingungkan. Nah, melansir laman sehatQ, berikut inia cara mengatasi cemburu berlebihan.

Kenali rasa cemburu dan relakan

Jangan pernah mengelak dan menganggap apa yang dirasakannya bukanlah cemburu. Sebaliknya, yang harus dilakukan adalah mengenali sekaligus memberikan validasi terhadap rasa cemburu. Setelah mengenali rasa cemburu, katakan kepada diri sendiri bahwa emosi negatif ini tidaklah diperlukan. Tarik napas panjang dan buang napas bersamaan dengan membuang rasa cemburu dalam hati.

Ingat sifat positif diri sendiri

Jangan biarkan diri terkungkung dalam rasa cemburu berlebihan yang justru membuat Anda akan berperilaku negatif. Ingatlah kembali apa saja sifat positif diri sendiri. Apa yang membuat Anda dicintai orang lain. Dengan demikian, rasa cemburu akan menjadi reaksi manusiawi dan hanya berlangsung sementara saja.

Komunikasi dengan pasangan

Tak ada salahnya mengomunikasikan rasa cemburu dengan pasangan. Meski tidak mudah dan rentan menyebabkan pertengkaran, namun kedua belah pihak sama-sama perlu tahu solusi dari siklus cemburu berlebihan yang terus berulang ini. Selain itu, buat kesepakatan tentang batasan apa saja yang perlu dijaga. Di sinilah komitmen diperlukan.

Kembangkan rasa percaya diri

Terkadang, insecurity atau rasa tidak percaya diri membuat seseorang mudah merasa cemburu. Bahkan, seseorang bisa dengan mudah membandingkan dirinya dengan orang lain yang mungkin menjadi target kecemburuan. Nah, agar tidak mudah cemburu maka kembangkan rasa percaya diri dengan menguasai skill baru.

Prioritaskan emosi yang sehat

Terkadang, seseorang bisa menjadi cemburu berlebihan terhadap pasangan meskipun tidak ada hal yang memicunya. Pun ketika pasangan tidak melakukan hal apapun yang menyimpang seperti kerap berbohong atau berselingkuh, rasa cemburu tetap bisa menghantui.

Untuk itu, buatlah prioritas emosi apa yang harus dilatih setiap harinya. Ini penting demi kesehatan fisik, emosi, dan mental. Semakin terbiasa memprioritaskan emosi yang sehat, akan semakin mudah menyingkirkan rasa cemburu berlebihan.

Populer video

Berita lainnya