Tingkatkan Kolagen pada Kulit dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kolagen merupakan salah satu protein penting bagi tubuh. Salah satunya memberi kekuatan dan elastisitas kulit, sekaligus membantu pergantian sel kulit mati. Namun seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan produksi kolagen. Walhasil, timbulnya berbagai tanda penuaan, seperti kulit keriput.

Untuk memenuhi kolagen dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi suplemen atau makanan sehat tertentu yang dapat meningkatkan kolagen. Melansir laman halodoc, berikut daftar makanan tersebut:

Daging ayam

Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari daging ayam. Pasalnya, daging ayam memiliki berbagai nutrisi penting, salah satunya adalah kolagen. Secara spesifik, paha ayam bagian daging yang menjadi sumber kolagen terbaik dari daging ayam.

Putih telur

Meski telur tidak mengandung jaringan ikat seperti daging ayam, tetapi putih telur memiliki prolin dalam jumlah tinggi. Perlu diketahui bahwa prolin, merupakan salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen pada tubuh.

Ikan dengan kulitnya

Ikan juga menjadi sumber kolagen yang baik dari makanan. Namun, pastikan untuk mengonsumsi ikan, bersamaan dengan kulitnya. Sebab, kandungan kolagen pada ikan, tersimpan pada kulitnya. Selain itu, ikan juga diketahui memiliki kadar protein yang tinggi, dan diperkaya oleh nutrisi penting lainnya.

Sayuran hijau

Sayuran seperti kale dan bayam juga dapat meningkatkan kolagen pada tubuh. Sebab, sayuran tersebut mendapatkan warnanya dari klorofil yang diketahui memiliki sifat antioksidan.

Kaldu tulang

Kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat yang dapat mengandung berbagai nutrisi penting. Misalnya seperti kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin, asam amino, kondroitin, hingga kolagen. Hanya saja, setiap kaldu tulang tentunya akan memiliki kandungan nutrisi, terutama kolagen, yang bervariasi. Sebab kualitas tulang dan bahan tambahan yang digunakan untuk memasak, akan berbeda.

Buah citrus

Aneka buah citrus, seperti jeruk, juga diyakini sebagai makanan yang dapat meningkatkan kadar kolagen pada tubuh. Hal ini lantaran buah-buahan citrus diketahui tinggi akan vitamin C. Sementara vitamin C diketahui memainkan peran penting dalam produksi pro-kolagen, yaitu prekursor tubuh untuk kolagen.

Populer video

Berita lainnya