Cara Jitu Buat Karyawan untuk Mengatasi Stres Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Stres bekerja adalah hal yang lazim dialami. Bahkan kondisi itu juga bakal dirasakan meski untuk pekerjaan yang merupakan passion atau hobi Anda. Alhasil, tak jarang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri karena ingin mencari pekerjaan yang lebih sehat dan menghindari stres bekerja.

Stres bisa terjadi akibat tenggat waktu yang berdekatan, beban kerja yang menumpuk, hingga tugas yang memusingkan. Jika stres kerja sudah tak tertangani lagi, kesehatan fisik dan mental bisa menjadi taruhannya. Nah, melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa cara mengatasi stres kerja yang bisa Anda lakukan.

Memulai hari dengan senyuman

Stres tidak hanya muncul ketika Anda di depan meja kerja. Perjalanan menuju kantor dan berkutat dengan jalanan yang macet pun sudah membuat Anda uring-uringan. Ditambah lagi, pikiran dipenuhi dengan pekerjaan yang menanti di kantor. Hal ini yang akan memperburuk stres kerja.

Maka dari itu, mulailah hari dengan senyuman dan hal-hal baik, seperti melakukan perencanaan kerja yang tepat untuk mengantisipasi segala rintangan di kantor, dan sikap positif.

Jauhi konflik di kantor

Jauhi konflik antar rekan kerja di kantor, seperti menghindari gosip atau membuat masalah dengan rekan kerja. Apabila memungkinkan, hindari juga orang-orang yang tidak bisa bekerja dalam satu tim. Sebab, stres kerja juga bisa datang dari sesama rekan kerja. Penyebab stres kerja bisa jadi karena banyaknya konflik yang terjadi.

Gunakan waktu dengan efisien

Melakukan perencanaan untuk menjalani hari-hari Anda di kantor, bisa menjadi cara mengatasi stres kerja yang efektif. Bertanggung jawab dalam menggunakan waktu secara efisien, dapat menjaga diri Anda dari efek negatif yang bisa menimbulkan perasaan stres kerja. Pekerjaan Anda pun bisa lebih cepat selesai karena pikiran terbebas dari rasa stres.

Jangan lakukan banyak hal bersamaan

Melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan bisa menimbulkan perasaan stres kerja. Selain tidak efektif, hasil beberapa pekerjaan yang dilakukan bersamaan pun menjadi tidak maksimal. Mulailah bekerja dengan cermat dan tidak tergesa-gesa, apalagi mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Jangan malu bertanya

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap stres kerja adalah ketidaktahuan Anda terhadap ekspektasi atasan. Jika Anda memahami permintaan atasan, itu bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain bisa menjadi cara mengatasi stres kerja, Anda jadi mengetahui yang harus dilakukan di kantor.

Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Kondisi ruangan yang tidak nyaman juga bisa memicu datangnya stres kerja. Maka dari itu, ciptakan lingkungan dan suasana nyaman sebagai cara mengatasi stres kerja yang ampuh. Lingkungan kerja yang nyaman akan buat kamu lebih produktif.

Jangan malu curhat

Mengeluarkan unek-unek dan mendapatkan masukan dari teman kantor atau atasan juga menjadi salah satu cara mengatasi stres kerja yang sangat membantu. Terlalu diam dan tidak mau bercerita bisa makin memperparah dampak stres kerja yang dirasakan.

Populer video

Berita lainnya