Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Memakai Softlens yang Aman
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain kacamata, lensa kontak menjadi opsi yang dapat dipilih karena kemudahan dan kenyamanan yang diberikan. Hanya, saja, terdapat sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan para penggunanya. Padahal, menggunakan lensa kontak dengan cara yang salah dapat membahayakan mata. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari ketika memakai lensa kontak.

Tidak mengganti lensa kontak secara rutin

Meski tampak baik-baik saja, lensa kontak harus rutin diganti. Apabila mata sudah teriritasi, buanglah lensa kontak lebih cepat. Infeksi mata maupun komplikasinya dapat terjadi dengan mudah apabila lensa kontak tidak rutin diganti.

Menggunakan lensa kontak saat tidur

Pada siang hari, oksigen bisa dengan mudah didapat oleh mata yang terbuka. Ditambah lagi, aksi kedipan dapat melembapkan mata. Ketika mata tertutup, tentu oksigen akan semakin berkurang. Lensa kontak pun dapat menjadi media pertumbuhan bakteri.

Agar dapat melihat dengan jelas di pagi hari, lebih baik letakkan kacamata di dekat tempat tidur dibanding harus memakai lensa kontak semalaman.

Tidak Mencuci tangan sebelum menyentuh mata

Kesalahan pakai lensa kontak yang cukup umum yaitu tidak memerhatikan kebersihan tangan. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh mata. Bahkan, tangan yang bersih dapat mengandung kuman. Mencuci tangan dapat mengurangi kuman yang dapat masuk ke mata.

Tidak mengeringkan tangan sebelum menyentuh lensa kontak

Setelah mencuci tangan, pastikan jari tangan Anda kering sebelum memegang lensa kontak. Semakin kering tangan Anda, semakin mudah untuk memasangkan lensa kontak pada mata.

Mandi menggunakan lensa kontak

Seperti halnya air kolam renang maupun air laut, air keran juga berisiko merusak lensa kontak. Bila air keran saat mandi terciprat ke lensa kontak, bakteri atau kuman bisa menempel di sana. Akhirnya kuman-kuman pun dapat bertahan di dalam mata selama berjam-jam.

Populer video

Berita lainnya