Kiat Menghindari Cedera saat Melakukan Yoga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Yoga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Yoga merupakan aktivitas fisik yang sudah ada sejak lama. Beberapa penelitian menyatakan bahwa olahraga ini dapat membantu mengatasi serangkaian masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, radang sendi (osteoartritis), asma, menurunkan berat badan, mengoptimalkan keseimbangan tubuh, serta meningkatkan persepsi yang baik dalam diri seseorang.

Namun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus tahu bagaimana melakukan setiap gerakan yoga. Jika tidak, risiko terjadinya cedera yoga bisa sangat tinggi. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa cara mencegah cedera ketika melakukan aktivitas yoga.

Bimbingan instruktur

Dalam aliansi yoga yang ada di Amerika Serikat, para instruktur yoga yang tergolong sebagai profesional wajib memiliki 200 sampai 500 jam pelatihan semasa hidupnya. Jadi, pastikan Anda memiliki instruktur yang juga memiliki banyak pengalaman dalam melatih maupun melakukan semua jenis gerakan yoga.

Jangan memaksakan diri

Ketahui kapasitas dan kemampuan diri Anda sendiri. Jika merasa belum siap untuk melakukan gerakan tersebut, jangan dilakukan. Ingat, tujuan Anda yoga adalah untuk merasakan manfaat sehat, bukan untuk pamer. Jangan sungkan untuk minta istirahat pada instruktur jika Anda merasa lelah atau kesakitan saat melakukan gerakan tertentu.

Informasi yang memadai

Anda bisa bertanya tentang yoga pada orang-orang yang sudah pernah mencoba, baik teman, saudara, atau mungkin bertanya langsung pada instruktur yoga. Di samping itu, Anda juga bisa mengajak teman atau kerabat untuk berlatih bersama sehingga bisa saling memotivasi.

Siapkan peralatan sebelum latihan

Matras merupakan peralatan yang tidak boleh ketinggalan saat melakukan yoga. Pilihlah matras dengan ukuran yang sesuai dengan postur tubuh dan berbahan kesat atau tidak licin. Pemilihan bahan matras berguna untuk menurunkan risiko cedera saat latihan. Selain itu, gunakan juga pakaian yang tidak membatasi ruang gerak saat latihan yoga.

Ketahui bagian rawan cedera

Paha belakang, punggung bagian bawah, leher, dan lutut merupakan bagian tubuh yang paling rawan cedera saat yoga. Maka, berhati-hatilah jika Anda melakukan gerakan yang berpusat pada area tubuh tersebut.

Sesuaikan waktu latihan

Yoga sebaiknya dilakukan paling tidak 1 jam setiap sesi, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Sesuaikan durasi waktu latihan dengan kemampuan Anda secara bertahap. Jika sudah merasa lelah atau sakit, jangan paksakan diri. Jangan samakan kemampuan Anda dengan orang lain.

Populer video

Berita lainnya