Ketahui Manfaat Daun Bianahong untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Celebrithink.com – Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Salah satunya daun binahong yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Tanaman dengan nama latin Anredera cordifolia ini dipercaya dapat membantu mengatasi luka alami, obat diabetes, hingga kecantikan. Bahkan, tanaman ini sudah sering digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat China, Korea, dan Taiwan.

Khasiat daun binahong tak lepas dari senyawa yang terkandung di dalamnya. Mulai dari saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, dan antioksidan. Lantas apa saja manfaat dau binahong untuk kesehatan? Melansir lamab halodoc, berikut penjelasannya.

Menyembuhkan sakit perut

Sistem pencernaan yang tidak bekerja tepat waktu bisa dipicu karena telat makan, yang berakibat menyebabkan sakit perut. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi daun daun binahong. Meski begitu, Anda harus tetap mengatur pola dan waktu makan untuk mencegah sakit perut.

Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Berkat kandungan minyak atsiri dan asam askorbat, daun binahong dapat membantu menyembuhkan luka. Guna mendapatkan manfaatnya, Anda perlu menumbuk daun sampai halus, lalu oleskan pada area yang terluka. 

Selain itu, daun binahong juga bermanfaat merawat kulit. Kandungan antioksidannya bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Selain menyembuhkan luka, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk merawat kulit. Kandungan antioksidannya bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Meningkatkan tekanan darah

Tekanan darah rendah dapat membuat tubuh menjadi lesu sehingga tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik. Maka dari itu, seseorang dengan masalah ini harus mencegahnya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mineral. Salah satunya yaitu ramuan yang terbuat dari daun binahong.

Mencegah radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam daun binahong juga bermanfaat untuk mencegah dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas.

Perawatan pasca operasi

Setelah operasi, seseorang akan kehilangan banyak darah dan energi. Inilah sebabnya, mereka memerlukan asupan makanan dengan kandungan protein dan mineral. Salah satunya dengan daun binahong.

Caranya, rebus 20 lembar daun ini dengan tiga gelas air. Kemudian, minum airnya setidaknya sekali sehari, agar pulih dengan cepat.

Mengatasi jerawat

Manfaat daun binahong juga baik untuk mendukung kecantikan, salah satunya membantu mengatasi jerawat. Ini karena tanaman tersebut memiliki kandungan antibakteri sehingga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Menghilangkan komedo

Selain jerawat, air rebusan tanaman herbal ini juga bisa membantu menghilangkan komedo yang kerap muncul dan mengurangi penampilan wajah.



Populer video

Berita lainnya