Cara Cerdas Jawab Pertanyaan Kenapa Masih Jomblo di Momen Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Cerdas Jawab Pertanyaan Klise saat Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara saat lebaran menjadi momen yang sangat mengasyikkan. Namun bisa saja suasana itu berubah menjadi ‘horor’ ketika anda ditodong pertanyaan “kapan menikah?” atau “kenapa masih jomblo?”.

Ya, pertanyaan itu seolah menjadi hal wajib yang terlontar saat berkumpul di hari lebaran. Pertanyaan ini memang cukup menjengkelkan jika nyatanya anda belum memiliki pasangan. Apalagi sebutan jomblo sering dikaitkan dengan stigma bahwa mereka yang menyandangnya pasti tidak bahagia. Padahal, anggapan itu belum tentu benar.

Kendati masih jomblo, anda tak perlu menghindari kumpul keluarga di hari lebaran. Dilansir dari laman hellosehat, anda bisa mencoba menjawab pertanyaan ‘horor’ tersebut dengan cara berikut ini.

Balik bertanya

Ketika orang mengajukan pertanyaan hanya untuk mendapatkan tanggapan, tidak berarti anda harus menanggapinya dengan jawaban yang tidak ingin anda bagikan. Cobalah balik mengajukan pertanyaan yang membuat si penanya berpikir. Dengan begitu, anda bisa membawa percakapan ke topik lain tanpa harus membahas kenapa anda masih jomblo.

Ucapkan terima kasih karena telah bertanya

Cara yang satu ini mungkin lebih tepat untuk menanggapi kerabat yang berusia lebih tua. Tanggapilah pertanyaan mereka dengan mengatakan terima kasih, lalu melanjutkan dengan berkata bahwa anda tentu akan mengenalkan pasangan bila waktunya tepat. Anda juga bisa menambahkan bahwa kini anda masih menikmati kehidupan sekaligus belajar menjadi pasangan yang ideal.

Jawab dengan canda

Menjawab pertanyaan kenapa masih jomblo dengan canda cukup efektif untuk menghadapi kerabat yang bersikeras menginginkan jawaban anda. Cobalah berikan celotehan lucu, yang justru membuat suasana semakin hangat.

Ajak bicara secara pribadi

Bila anda ingin menjawab pertanyaan tersebut tapi tidak di depan orang banyak, cobalah mengajak kerabat anda untuk bicara secara lebih pribadi. Mungkin kerabat anda bertanya demikian dengan tulus tanpa maksud apa pun. Berbincang secara pribadi akan mendekatkan hubungan anda dan kerabat.

Jelaskan keuntungan menjomblo

Tidak ada yang berhak menyalahkan anda karena menjadi jomblo, pun dengan sanak saudara anda. Saat dihadapkan pertanyaan seputar masih sendiri, jawablah dengan keuntungan yang didapat dengan menyandang status jomblo. Jelaskan juga alasan menjadi jomblo merupakan pilihan yang membuat anda bahagia.

Populer video

Berita lainnya