Tips Tetap Sehat Selama Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tetap Sehat saat Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lebaran menjadi momen bahagia bagi seluruh umat Islam di dunia. Setelah sebulan penuh menjalani puasa, keluarga berkumpul bersilaturahmi dan saling bermaafan. Momen itupun semakin lengkap dengan aneka menu khas seperti ketupat, opor hingga kue kering yang tersaji.

Tak jarang, banyaknya makanan yang tersaji terkadang membuat kita kalap dan makan secara berlebihan dan berujung pada kesehatan yang terganggu. Biasanya masalah yang dialami adalah heartburn serta pencernaan karena perubahan kebiasaan makan yang terjadi pada tubuh. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini cara agar anda tetap sehat selama merayakan lebaran.

Hindari makan besar

Makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi sering menyebabkan masalah di perut karena lama untuk dicerna. Hal ini biasa menyebabkan perut menjadi sebah, pencernaan terganggu, perut kembung, dan heartburn. Saat anda kembali ke pola makan yang lama, sebaiknya mulai dalam jumlah yang sedikit dan memilih makanan yang menyehatkan.

Makanan dalam jumlah sedikit tapi sering

Makan berat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah pada perut, karena butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna. Makanlah dalam jumlah kecil namun berulang agar perut lebih mudah mencernanya dan merangsang metabolisme. Sebaiknya jaga jarak antar makan tetap singkat sekitar 3-4 jam.

Makan makanan menyehatkan

Makanan khas lebaran biasanya identik dengan bersantan dan berlemak. Hal itu yang kerap menyebabkan masalah pada tubuh. Sebaiknya kurangi asupan lemak dan jumlah gula dari kue dan minuman yang anda konsumsi. Tetap mengonsumsi buah agar tubuh sehat selama lebaran.

Kurangi mengonsumsi garam

Mengurangi garam pada makanan dapat diganti dengan rempah atau bumbu lain yang lebih menyehatkan. Berbagai rempah dan bumbu alami ini bisa mengandung antioksidan, vitamin, mineral, minyak yang menyehatkan, dan juga memiliki kandungan anti bakteri sehingga lebih baik dibanding garam.

Masak makanan dengan cara menyehatkan

Dibanding makanan yang digoreng, sebaiknya kamu pilih makanan yang dipanggang atau dibakar. Selain itu hindari makanan seperti ikan dan sayur yang terlalu matang, karena cara memasakan ini bisa membuang kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Populer video

Berita lainnya