Simak Cara Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sikat Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pasta gigi adalah salah satu kebutuhan wajib dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Namun, mengingat banyaknya jenis pasta gigi, tentu Anda perlu mengetahui cara memilih yang tepat untuk mengatasi gigi berlubang.

Selain itu, Anda juga perlu tahu cara menggunakan pasta gigi yang tepat, saat menyikat gigi. Meski tidak secara langsung mengatasi gigi berlubang, ini dapat membantu mencegah gigi berlubang menjadi semakin parah. Melansir laman halodoc, berikut cara memilih pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Fluoride adalah komponen terpenting yang harus ada dalam pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Fluoride adalah mineral yang dapat melindungi enamel gigi dari asam yang dihasilkan bakteri, sehingga zat tersebut tidak akan merusak gigi.

Cara fluoride melindungi gigi ada dua. Pertama, membuat enamel jadi lebih kuat, sehingga tidak mengalami kerusakan akibat zat asam yang dilepaskan bakteri. Kedua, memicu proses remineralisasi atau membalikkan proses awal gigi berlubang, yang membuat lubang-lubang mikro yang mulai terbentuk di gigi, kembali tertutup.

Hindari yang Mengandung Bahan Pemicu Alergi dan Iritasi

Pada beberapa orang, bahan yang ada di dalam pasta gigi bisa saja memicu reaksi alergi atau iritasi. Misalnya, bahan seperti peppermint dan kayu manis. Beberapa pasta gigi juga menggunakan minyak atsiri atau essential oil, yang dapat memicu iritasi di permukaan rongga mulut.

Periksa Izin Edar dari BPOM

Pastikan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang yang kamu beli sudah memiliki izin edar dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tujuannya adalah untuk memastikan bahan-bahan yang ada didalamnya memang aman untuk digunakan.

Populer video

Berita lainnya