Tips Memasak yang Tepat untuk Mempertahankan Nutrisi dalam Makanan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Memasak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Aneka sayur, ikan dan daging memiliki kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Namun yang tak kalah penting, Anda juga harus mengetahui cara memasak yang benar agar tidak menghilangkan nutrisi baik di dalam bahan-bahan masakan tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk menyesuaikan metode memasak dengan makanan yang ingin dibuat. Beberapa trik memasak yang tidak menghilangkan banyak nutrisi, termasuk mengukus, merebus dan menumis. Melansir laman halodoc, simak tips memasak yang disarankan agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Cuci sayuran terlebih dulu

Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, kuman, bakteri dan sisa pestisida yang bisa memicu gangguan pencernaan seperti sakit perut. Pelru diingat disarankan untuk mencuci sayuran dengan air yang mengalir, bukan merendamnya.Sebab, merendam sayuran dalam waktu yang lama justru bisa menghilangkan kandungan vitamin vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12 dan C.

Potong dalam bentuk besar

Memasak sayur dalam potongan kecil bisa menghilangkan banyak nutrisi penting di dalamnya. Jadi, disarankan untuk memasak sayur dalam potongan besar atau dalam kondisi utuh. Setelah memasak, Anda bisa memotongnya dalam ukuran yang diinginkan.

Perhatikan waktu, suhu dan banyaknya air

Memasak sayur dalam suhu tinggi dan waktu yang terlalu lama bisa menghilangkan sebanyak 60 persen kandungan vitamin B1 dan B3. Selain itu, vitamin C juga bisa hilang akibat terlalu banyak air. Untuk mempertahankan kandungannya, Anda bisa mengolah sayur dengan cara dikukus.

Metode memasak yang tepat

Metode memasak yang tak menghilangkan banyak kandungan nutrisi pada sayur, ikan dan daging, yaitu:

  • Mengukus: Ini bisa diterapkan pada sayuran yang mengandung vitamin larut air, seperti wortel, kembang kol dan sayuran berdaun hijau lainnya.
  • Memanggang: Ini bisa mempertahankan warna, rasa dan bentuk sayuran. Cocok untuk asparagus, labu, buncis, wortel dan bawang bombay.
  • Merebus: Ini bisa dilakukan untuk mengolah berbagai jenis sayuran, termasuk umi dan dedaunan.

Populer video

Berita lainnya