Ternyata Makanan Ini Bisa Menyebabkan Bau Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain menjaga kebersihan diri, mengontrol makanan yang dikonsumsi juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi bau badan. Pasalnya, terdapat beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan. Lantas apa saja makanan itu? Melansir laman hellosehat, simak penjelasannya berikut ini.

Bawang putih

Bawang putih memiliki zat yang disebut dengan allicin. Secara ilmiah zat ini memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun di balik khasiatnya, zat ini justru dapat menyebabkan bau mulut serta memengaruhi aroma keringat Anda sehingga menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Bawang bombay

Reaksi tubuh terhadap bawang bombay serupa dengan yang terjadi ketika mengonsumsi bawang putih. Saat memproses bawang, tubuh akan memproduksi senyawa yang menyerupai sulfur. Senyawa tersebut yang menjadi penyebab bau badan tidak sedap, terutama saat Anda berkeringat.

Daging merah

Makan daging merah juga bisa membuat badan Anda mengeluarkan bau kurang sedap. Sebab, asam amino dalam daging merah meninggalkan residu (ampas) di usus Anda selama proses pencernaan. Enzim usus kemudian memecah residu tersebut. Hasil pemecahan ini bercampur dengan bakteri di kulit saat Anda berkeringat, sehingga menimbulkan bau badan tidak sedap.

Sayuran kelompok cruciferous

Sayuran yang tergolong ke dalam kelompok cruciferous seperti brokoli, kubis, dan kol termasuk makanan penyebab bau badan. Jenis sayuran ini mengandung sulfur yang akan diserap oleh tubuh dan dikeluarkan dalam bentuk keringat sehingga memengaruhi bau badan Anda.

Makanan laut (seafood)

Tak semua orang yang makan seafood pasti akan mengalami bau badan. Biasanya, kondisi ini ditemukan pada orang-orang yang memiliki kelainan metabolisme tubuh, seperti trimetilaminuria. Trimetilaminuria adalah kelainan yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproses senyawa kimia dalam seafood dengan baik.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebab bau badan bila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, tubuh manusia memproses alkohol menjadi asetat yang memiliki bau cukup kuat. Semakin banyak Anda minum alkohol, semakin tinggi pula kadar asetat pada tubuh.

Adapun asetat ini dapat memengaruhi bau badan Anda. Jadi, semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin bau pula tubuh Anda. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan berkurangnya bakteri baik di mulut. Hal ini membuat mulut Anda terasa bau.

Populer video

Berita lainnya