Ini Dampak Cyber Bullying bagi Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cyber Bullying
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sosial media kerap dijadikan wadah bagi seseorang untuk meluapkan isi kepala tentang segala sesuatu yang dialami atau dirasakan. Namun, tak sedikit juga yang justru berujung cyber bullying, lantaran pendapat yang diutarakan berbeda dengan orang lain.

Tentu saja, ada berbagai dampak buruk pada kesehatan mental yang bisa dirasakan jika masalah ini terlalu sering terjadi. Bahkan, dampak buruknya bisa jadi membahayakan nyawa seseorang. Melansir laman halodoc, berikut dampak cyber bullying bagi kesehatan mental.

Efek Emosional

Tindakan perundungan online ini dapat menyebabkan stres yang signifikan, terutama anak muda. Selain merasakan stres, mereka yang mengalaminya juga dapat merasa malu, sakit hati, bahkan ketakutan. Orang ini kerap menyalahkan dirinya atas apa yang telah terjadi.

Efek Mental

Saat seseorang mengalami cyber bullying, korban mungkin akan merasa putus asa dan tidak berarti. Bahkan, korban dapat kehilangan minat pada hal-hal yang disukainya sebelumnya dan menghabiskan waktu menyendiri. Adapun beberapa efek gangguan mental yang bisa dirasakan seperti:

  • Depresi dan kecemasan: Seseorang yang mengalami cyber bullying kerap merasakan cemas dan depresi. Bahkan, aktivitas ini juga dapat meningkatkan perasaan khawatir serta terisolasi.
  • Kepercayaan diri yang rendah: Banyak perundungan fokus pada kekurangan seseorang, sehingga tingkat kepercayaan dirinya menurun drastis.
  • Berpikir untuk melukai diri sendiri dan bunuh diri: Korban perundungan memiliki tekanan untuk melukai diri sendiri. Jika dibiarkan, tendensi untuk menghilangkan nyawa sendiri lebih tinggi.

Efek Perilaku

Seseorang yang mengalami perudungan di dunia maya dapat memperlihatkan perubahan perilaku yang signifikan. Bahkan, ada beberapa perilaku ekstrim yang dilakukannya, seperti:

  • Mengonsumsi minuman beralkohol dan/atau menggunakan narkoba.
  • Bolos sekolah untuk anak-anak.
  • Membawa senjata saat bepergian.

Populer video

Berita lainnya