Tips Mengatasi Masalah Keringat Berlebihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Keringat Berlebihan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berkeringat adalah reaksi wajar pada tubuh untuk menjaga keseimbangan sistem. Meski begitu, ada kondisi tertentu yang menyebabkan keluarnya keringat secara berlebih atau hiperhidrosis. Penyebabnya belum diketahui dengan pasti. Namun pada beberapa orang, faktor riwayat keluarga dapat menyebabkan reaksi dari saraf yang berlebih.

Hiperhidrosis memang tidak membahayakan, tetapi dapat membuat penderitanya merasa terganggu. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi keringat berlebih.

Menjaga berat badan

Jika memiliki berat badan berlebih, Anda akan memerlukan lebih banyak tenaga untuk bergerak sehingga akan lebih mudah untuk gerah. Itulah sebabnya, jaga berat badan Anda tetap ideal, terutama jika Anda menderita hiperhidrosis.

Batasi konsumsi kafein

Efek kafein sebagai stimulan otak dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang keringat keluar. Cara agar tidak mudah berkeringat bisa dengan tindakan sederhana, seperti membatasi konsumsi kafein harian. Kafein tidak hanya ada dalam kopi, tetapi juga teh dan cokelat.

Lakukan manajemen stres

Penting untuk tetap tenang dan mengatur stres dengan baik, agar tidak terjadi produksi keringat yang berlebih. Pasalnya, suhu bukan satu-satunya alasan Anda berkeringat. Keringat juga bisa mengucur saat Anda sedang stres, emosi, dan cemas.

Gunakan deodoran dan antiperspiran

Penggunaan deodoran dan antiperspiran dapat menjadi salah satu cara menghilangkan keringat berlebihan. Saat diaplikasikan ke kulit, antiperspiran akan membantu menghalangi keringat, sedangkan deodoran akan membantu mengontrol bau.

Pakai baju yang mudah menyerap keringat

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan menggunakan pakaian yang ringan. Warna pakaian yang terang juga dapat membantu memantulkan sinar matahari daripada menyerapnya. Karenanya, pakaian berwarna putih dapat menjaga Anda tetap sejuk sehingga mengurangi produksi keringat.

Minum cukup air

Memastikan tubuh mendapatkan cukup air dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. Keringat memiliki peran penting dalam menjaga suhu tubuh, sehingga bila cairan tubuh tercukupi dan suhu tubuh stabil, tubuh Anda akan mengurangi produksi keringat.

Hindari berada di tempat panas

Hindari tempat yang panas untuk menghindari keringat berlebihan. Pergilah ke tempat yang lebih sejuk, nyalakan kipas angin atau pendingin udara, dan tutup tirai untuk menghalau sinar matahari. Jika tidak memungkinkan, cobalah tetap berada di tempat teduh meskipun berada di luar ruangan.

Populer video

Berita lainnya