Ini Manfaat Melon yang Mungkin Jarang Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Buah Melon
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sudah menjadi rahasia umum, konsumsi buah dan sayuran sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjalani pola hidup sehat, termasuk bagi ibu hamil dan menyusui. Begitu pun dengan melon, buah dengan rasanya yang manis dan menyegarkan, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Simak lengkapnya dalam artikel ini.

Ada berbagai jenis melon, seperti honeydew, cantaloupe, musk melon, melon Jepang, dan lain-lainnya Buah yang terasa manis ini juga mengandung vitamin, mineral, tinggi air, serta rendah kalori. Selain itu, buah melon juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin B6, folat, zinc, beta karoten, dan magnesium yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Melansir laman sehatQ, ini manfaat mengonsumsi melon bagi kesehatan.

Menjaga keseimbangan tekanan darah

Buah melon mengandung tinggi kalium serta sodium yang rendah. Sementara ketika Anda menjaga asupan sodium setiap harinya, Anda menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Menjaga kesehatan tulang

Buah melon, seperti jenis honeydew mengandung beberapa nutrisi penting yang bermanfaat untuk memperbaiki serta memelihara kekuatan tulang. Seperti folat, vitamin K, dan magnesium. Folat adalah kandungan penting untuk menjaga kadar homosistein dalam tubuh, untuk mencegah pengurangan kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

Kandungan folat juga membuat buah melon bermanfaat untuk ibu hamil. Yaitu, berperan dalam pembuatan DNA, pembentukan jantung, tulang, hingga sistem peredaran darah bayi. Sedangkan vitamin K dalam buah melon berfungsi dalam memproduksi protein struktural utama dalam tulang.

Mengontrol kadar gula darah

Dalam penelitian mengenai asupan buah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan termasuk melon secara teratur dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah. Orang yang mengonsumsi buah segar setiap hari kemungkinan memiliki risiko 12% lebih kecil untuk terkena diabetes daripada orang yang jarang makan buah.

Menambah asupan cairan

Buah melon mengandung sekitar 90% air serta elektrolit. Kandungan air dan elektrolit dalam buah melon bermanfaat untuk menambah hidrasi serta kecukupan cairan dalam tubuh.

Memelihara kesehatan kulit

Asupan vitamin C yang cukup, penting untuk menjaga produksi kolagen dalam kulit. Kolagen berfungsi dalam memperbaiki dan memelihara jaringan kulit Anda. Selain itu, senyawa antioksidan dalam vitamin C pun dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Menjaga struktur rambut

Tak hanya vitamin C, ada juga kandungan vitamin A dalam buah melon yang bermanfaat untuk pertumbuhan sekaligus pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk rambut.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah melon mendukung fungsi kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, vitamin C juga dapat mencegah serta mengobati berbagai infeksi pernapasan.

Melancarkan sistem pencernaan

Serat pada buah melon juga bermanfaat untuk membantu saluran pencernaan agar bekerja lebih efektif dan merangsang pertumbuhan bakteri baik. Walapun jumlah serat pada melon tergolong kecil, yakni hanya mencukupi 5% dari kebutuhan harian, Anda tetap membutuhkannya untuk mencegah sembelit.

Menjaga kesehatan mata

Melon mengandung dua antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin. Senyawa karotenoid ini bermanfaat menjaga kesehatan mata serta mencegah mata rabun pada usia dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan secara teratur, dapat mendukung fungsi mata seumur hidup.

Populer video

Berita lainnya