Kipas Angin Menyala saat Tidur, Apakah Lebih Baik atau Malah Membahayakan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Mungkin kamu sering denger nih, kalau tidur sambil nyalain kipas bisa bikin masalah kesehatan. Tapi, apa bener sih? Apa dampaknya sebenernya kalo kita tetep kepake kipas waktu tidur? Nah, kita bakal bahas bareng-bareng di artikel ini. Siapa tau, nanti bisa bikin kamu mikir dua kali sebelum lagi nyetel kipas sambil bobok!


Pertama-tama, mari kita cek dulu apa sih efek kipas saat tidur ini. Menurut penelitian dari American Academy of Sleep Medicine, tidur dengan kipas yang terlalu kencang bisa bikin udara di sekitarmu jadi terlalu kering. Nah, keringnya udara ini bisa bikin kamu jadi lebih rentan terkena pilek, batuk, atau bahkan sakit tenggorokan. Jadi, sebenernya tidur dengan kipas itu ada risikonya juga, loh!

Dampak Kipasan Saat Tidur:

  1. Kulit Kering: Udara kering akibat kipas bisa bikin kulit kamu jadi kering dan kusam. Kalo kamu udah rajin merawat kulit, pasti enggak mau kan hasilnya malah kebalikannya?
  2. Sakit Tenggorokan: Udara kering juga bisa bikin tenggorokan kamu jadi kering dan sakit, apalagi kalo kamu punya kecenderungan terkena masalah pernapasan seperti asma.
  3. Gangguan Tidur: Eh, ironisnya, meskipun kipasan itu sebenernya untuk bikin tidur kamu lebih nyaman, tapi kadang malah bikin tidur jadi gangguan. Bayangin aja, kalo kamu kebanyakan tidur dengan kipas yang terlalu kencang, bisa-bisa kamu jadi sering terbangun karena udara terlalu dingin atau tenggorokan yang kering.
  4. Peningkatan Risiko Alergi: Udara yang berputar terus menerus oleh kipas bisa memicu terbangnya debu dan alergen di udara. Ini bisa bikin masalah bagi orang yang punya alergi terhadap debu atau bulu hewan peliharaan.

Sebenernya, nggak ada patokan pasti tentang apakah tidur dengan kipas itu baik atau buruk. Tapi yang pasti, kamu harus pintar-pintar mengatur kecepatan kipas dan kelembapan udara di dalam kamar. Jadi, sebelum kamu tidur dengan kipas, pikir-pikir dulu ya, apakah risikonya sepadan dengan kenyamanan yang kamu dapatkan.

Jadi, setelah tahu dampak-dampaknya, kamu masih mau tidur dengan kipas nyala setiap malam? Atau kamu bakal mulai mikir ulang dan cari alternatif lain untuk tidur yang lebih sehat?

Populer video

Berita lainnya