Awas! Ini Bahaya Bermain HP Sebelum Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main HP Sebelum Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin ada sebagian dari kalian yang senang browsing di internet, chatting atau bermain game di HP sebelum tidur. Ternyata, kebiasaan main HP sebelum tidur memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan. Kebiasaany ini dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan otak dan kualitas tidur Anda. Melansir laman hellosehat, berikut bahayanya.

Membuat otak terus aktif dan waspada

Waktu tidur semestinya menjadi momen bagi otak untuk beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Nah, main HP sebelum tidur justru merangsang otak sehingga Anda tetap terjaga. Bahkan, otak akan aktif meskipun Anda hanya bermain HP sebentar. Semua yang Anda lakukan dengan HP justru akan membuat Anda susah tidur.

Paparan cahaya biru menurunkan melatonin

Salah satu bahaya dari main HP sebelum tidur ialah menurunnya melatonin, yakni hormon yang dihasilkan hasilkan otak saat kondisi gelap. Melatonin membantu mengatur ritme sirkadian, termasuk mekanisme tidur dan bangun.

Ketika Anda bermain HP sebelum tidur, otak menganggap cahaya biru dari HP sebagai cahaya pada siang hari. Akibatnya, kadar melatonin menurun sehingga menjadi penyebab insomnia, gangguan mood, dan menurunnya kualitas tidur.

Menunda waktu tidur

Kebiasaan bermain HP sebelum tidur dapat merangsang otak sehingga Anda tidak bisa tenang sebelum tidur. Waktu tidur pun jadi tertunda dan Anda tidur terlalu malam dari yang direncanakan. Jika masalah ini terjadi berulang-ulang, waktu tidur Anda akan berkurang sehingga kualitas tidur ikut menurun.

Mengganggu pikiran dan emosi

Ada satu bahaya main HP sebelum tidur yang tak banyak disadari, yakni terganggunya pikiran dan emosi. Pikiran bisa terganggu ketika membuka media sosial dan menemukan sesuatu yang membuat Anda sedih, marah, atau tidak nyaman.

Tidur dekat ponsel juga membuat membuat Anda mudah teralihkan, entah oleh bunyi notifikasi, musik yang terhenti, atau karena sebab lain.

Menghambat fase rapid eye movement (REM) saat tidur

Rapid eye movement (REM) merupakan fase tidur yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas otak, pergerakan mata, dan detak jantung. Pada fase inilah Anda tertidur lelap dan bermimpi. Fase REM biasanya dimulai sekitar 90 menit setelah Anda tertidur. Sayangnya, pikiran yang terganggu karena terlalu sering main HP sebelum tidur bisa menghambat fase REM. Akibatnya, akan lebih sulit bagi Anda untuk tidur nyenyak.

Membuat lelah saat bangun tidur

Main HP sebelum tidur memang tidak menimbulkan bahaya langsung bagi kesehatan. Namun, dalam jangka panjang, kualitas tidur yang menurun dapat membuat Anda lelah setiap bangun tidur. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, Anda tentu akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Menurunkan konsentrasi dan fokus

Kualitas tidur yang buruk akibat main HP sebelum tidur juga dapat menurunkan fokus, konsentrasi, daya ingat, hingga daya pikir. Lama-kelamaan, pikiran Anda akan mudah berkabut sehingga lebih sulit bagi Anda untuk mengambil keputusan.

Populer video

Berita lainnya