Begini Cara Efektif Putihkan Wajah Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Melembapkan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang yang mendambakan memiliki kulit cerah. Alhasil, berbagai cara pun dilakukan, salah satunya dengan menggunakan produk kecantikan atau perawatan mahal di salon. Hanya saja, tindakan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, kandungan kimia di dalam produk tersebut bisa saja berdampak buruk pada kulit, khususnya jika diaplikasikan sembarangan.

Memutihkan kulit yang aman adalah tidak dengan mengubah warna alaminya. Tapi, lebih fokus pada membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan bersinar. Bagaimana cara memutihkan kulit secara alami? Melansir laman klikdokter, berikut ini kiatnya:

Minum air putih secara teratur

Air putih tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Maka dari itu, minumlah setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari memang sumber vitamin D alami terbaik. Namun, paparan sinar matahari secara berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Agar kulit terlindungi dari paparan ultraviolet (UV) matahari, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF. Hal tersebut perlu dilakukan sekalipun Anda di dalam rumah ataupun beraktivitas di bawah cuaca mendung.

Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi wajah dan seluruh tubuh dengan interval yang teratur penting dilaklukan. Eksfoliasi bertujuan untuk mengeliminasi lapisan kotoran dan sel-sel kulit mati, yang menjadi penyebab kulit tampak gelap. Hal tersebut dapat dilakukan sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Menggunakan virgin coconut oil

Anda bisa mencoba memanfaatkan virgin coconut oil (VCO). Hal ini terkait kandungannya, yang berpotensi sebagai antiradang, antioksidan, dan membantu proses penyembuhan. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Pada beberapa orang, penggunaan virgin coconut oil dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas. Kondisi ini khususnya dialami oleh orang yang punya riwayat alergi.

Menjaga diet seimbang dan sehat

Apa yang Anda makan akan mempengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, penting menerapkan pola diet yang sehat dan seimbang agar kulit senantiasa sehat. Hindari konsumsi makanan berminyak, manis, dan pedas secara berlebihan.

Gunakan aloe vera

Kandungan di dalam aloe vera dapat membantu menjaga kelembapan kulit, dan membantu proses penyembuhan maupun pertumbuhan sel. Penggunaan aloe vera secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah.

Hindari rokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh, seperti paru-paru. Tindakan tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, kondisi kulitnya cenderung kering, kusam, dan tidak sehat.

Rutin bersihkan wajah

Proses membersihkan wajah merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jika Anda ingin memiliki tampilan wajah yang lebih cerah, rutinlah membersihkan bagian tersebut sekitar dua kali sehari.

Rutin olahraga

Bukan hanya mencerahkan kulit, olahraga juga terbukti dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh. Olahraga dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan hati, agar Anda dapat melakukannya secara konsisten.

Populer video

Berita lainnya