Alasan Mengapa Anda Harus Pulang Tepat Waktu dari Kantor

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pulang Kantor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin sebagian besar karyawan yang berpikir, bekerja melebihi jam kantor merupakan kegiatan yang produktif. Bahkan ada juga yang beranggapan, bekerja hingga larut mampu meningkatkan penilaian performa di kantor. Padahal, bekerja berlebihan demi mengejar produktivitas justru bisa merugikan Anda secara mental dan fisik.

Jika memang tidak perlu bekerja hingga larut malam, biasakanlah pulang tepat waktu dari tempat kerja. Hal ini bukan berarti Anda perhitungan dengan kantor tempat Anda bekerja. Melansir laman sehatQ, berikut ini sejumlah alasan mengapa Anda wajib membiasakan pulang kantor tepat waktu.

Kadar stres lebih terkendali

Alih-alih menambah produktivitas, bekerja melebihi jam pulang kantor justru membuat kesehatan mental Anda terganggu. Bekerja terlalu lama bisa menyebabkan stres berlebihan. Efeknya, Anda jadi rentan mengalami burnout, yakni kelelahan mental dan fisik akibat stres berkepanjangan.

Dengan pulang kantor tepat waktu, Anda bisa mengesampingkan beban sejenak. Pikiran Anda pun bisa beristirahat dari tuntutan pekerjaan di kantor. Stres yang Anda rasakan pun bisa dikurangi dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan di rumah.

Kesehatan fisik lebih terjaga

Anda tidak bisa memaksa tubuh untuk bekerja terus menerus. Bekerja berlebihan justru cenderung mengganggu waktu istirahat Anda. Ketika kurang tidur, tubuh tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Selain waktu tidur, jam makan dan kualitas makanan yang Anda konsumsi pun dapat terganggu. Karena bekerja hingga larut malam, Anda bisa saja melewatkan jam makan yang seharusnya.

Sementara jika pulang tepat waktu, Anda akan memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan yang lebih sehat. Waktu makan dan tidur Anda pun lebih teratur. Efeknya tentu saja kesehatan fisik Anda lebih terjaga.

Produktivitas lebih tinggi

Terlalu lama bekerja justru membuat tubuh dan otak Anda lelah. Anda pun jadi sulit berkonsentrasi. Tentunya, hal tersebut membuat performa Anda di kantor menurun. Sebaliknya, membiasakan pulang kerja tenggo akan memberikan Anda waktu istirahat lebih banyak. Dengan begitu, kondisi Anda keesokan harinya akan lebih prima sehingga produktivitas pun meningkat.

Hidup lebih seimbang

Bekerja hingga larut malam tentu saja memaksa Anda mengorbankan waktu untuk melakukan hal lain. Hal ini membuat Anda kehilangan waktu bersama pasangan, keluarga, dan teman. Kondisi tersebut bisa saja menjauhkan Anda secara emosional dari orang-orang terdekat.

Itu sebabnya, pulang tepat waktu dari tempat kerja sangatlah penting. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hidup yang lebih seimbang.

Populer video

Berita lainnya