Tips Perut Kenyang Kantong Aman, Anak Rantau Wajib Tau!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Anak Kost
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagai perantau yang hidup jauh dari keluarga, harus membiasakan gaya hidup mandiri dan berhemat. Karenanya banyak perantau yang mengonsumsi produk makanan instan, karena ramah di kantong dan juga mengenyangkan. Padahal
ada banyak cara untuk mengisi perut tanpa harus menguras dompet.

Masak sendiri misalnya. Dengan memasak menu sederhana, Anda bisa menakar porsi makan untuk waktu makan berikutnya. Jadi waktu dan biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli makanan dari luar. Melansir siaran pers Freshbox, berikut ini tips bisa makan hemat tapi tetap hemat.

Mulailah belajar masak menu sederhana

Memasak bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Selain bisa menekan budget membeli makanan siap saji, Anda bisa secara langsung memilih kualitas dan kebersihan bahan makanan yang dimasak. Tidak perlu menu yang sulit, Anda bisa mulai memasak menu sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Carilah resep masakan sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan dapur.

Hindari kebiasaan membuang makanan dengan membuat meal plan

Salah satu siasat untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu adalah dengan membuat rencana makan atau meal plan selama rentang waktu tertentu. Meal plan akan membantu dalam menentukan bahan makanan yang dibutuhkan sesuai dengan takarannya. Selain itu, dengan menyusun meal plan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menghindari pembelian bahan-bahan dapur yang berlebihan.

Pangkas waktu dan biaya dengan rajin cek promo belanja online

Belum lengkap rasanya bila anak rantau tidak update soal berbagai macam promo, tak terkecuali untuk urusan dapur. Apalagi zaman sekarang, segala kebutuhan bisa dipenuhi secara online. Cek platform atau aplikasi belanja online seperti favorit Anda untuk mengetahui informasi promo yang dihadirkan. Dengan memanfaatkan promo, Anda tetap bisa mendapatkan produk berkualitas namun dengan harga yang lebih bersahabat.

Membeli bahan masakan bersama teman agar lebih murah

Terkadang, membeli kebutuhan pokok atau bahan masakan dalam jumlah banyak akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga satuan. Ajaklah teman, sahabat, atau bahkan tetangga kostmu untuk berbelanja bahan masakan bersama. Selain lebih murah, kamu juga bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menjalin silaturahmi lebih dalam lagi melalui kegiatan memasak bersama sebagai ajang quality time.

Populer video

Berita lainnya