Simak Tips Ampuh Mengecilkan Pipi Tembem

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pipi Chubby
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi sebagian orang, memiliki pipi tembem atau chubby mungkin terkesan menggemaskan. Namun ada juga orang merasa risih mempunyai pipi tembem lantaran merasa gemuk, hingga berdampak menurunkan rasa percaya diri. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan pipi tembem. Mulai dari faktor genetik, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang tidur, serta penumpukan cairan tubuh (edema) akibat penyakit tertentu.

Sebagian wanita memilih untuk menggunakan pulasan make-up demi menyamarkan pipi tembem. Namun selain itu, mengecilkan pipi juga bisa dilakukan melalui beberapa metode. Melansir laman alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Senam wajah

Senam wajah yang dilakukan secara rutin dipercaya bisa mengencangkan otot wajah, menyamarkan tanda penuaan, memperkuat otot wajah, serta membuat pipi tampak lebih tirus. Caranya, mulailah dengan melakukan gerakan mulut seperti sedang mengucapkan huruf ā€˜Uā€™ atau ā€˜Oā€™ selama beberapa menit. Anda juga bisa melakukan gerakan menarik dan menurunkan kedua sudut mulut.

Mengunyah permen karet

Ada penelitian yang membuktikan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu mengecilkan pipi. Hal ini karena kebiasaan mengunyah permen karet dapat membuat otot-otot wajah dan pipi menjadi lebih kencang, sehingga pipi tampak lebih tirus.

Batasi asupan gula dan garam

Pola makan yang banyak mengonsumsi gula dan garam dapat menyebabkan berat badan bertambah dan air menumpuk pada wajah, sehingga menjadikan wajah terlihat gemuk. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi makanan manis, produk olahan yang terbuat dari tepung, minuman bersoda.

Mencukupi waktu tidur

Waktu tidur malam yang kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Hal ini karena kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan hormon yang merangsang nafsu makan. Oleh sebab itu, upayakan untuk tidur cukup setiap hari agar berat badan dapat terkontrol dengan baik, energi pulih saat bangun pagi, dan wajah terlihat lebih segar.

Olahraga teratur

Setelah menjaga pola makan, lengkapi pola hidup Anda dengan rutin berolahraga. Setidaknya, sempatkan waktu untuk berjalan kaki minimal 20 menit setiap hari untuk membakar kalori berlebih di tubuh.

Ubah gaya rambut

Gaya rambut dapat memengaruhi tampilan wajah dan tubuh. Tidak ada salahnya jika Anda menemui seorang penata rambut profesional untuk mendapatkan gaya rambut yang dapat menyamarkan bentuk pipi tembem.

Populer video

Berita lainnya