Ini Bahayanya Terlalu Banyak Mengonsumsi MSG

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Vetsin
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah penambah rasa yang sering ditambahkan ke makanan. Vetsin memang membuat makanan menjadi gurih dan sering dimasukkan ke beberapa jenis makanan olahan. Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi vetsin bisa berdampak pada kesehatan. Beberapa gejala yang mengiringi terlalu banyak konsumsi vetsin bagi kesehatan adalah sakit kepala, mual, mati rasa, dan mengantuk.

Senyawa ini merangsang reseptor spesifik yang terletak di ujung lidah seperti reseptor asam amino T1R1/T1R3 atau reseptor glutamat lainnya seperti reseptor metabotropik (mGluR4 dan mGluR1) yang menginduksi rasa gurih yang disebut sebagai umami. Itu mengapa orang yang makan makanan bervetsin menjadi ketagihan. Melansir laman halodoc, berikut bahayanya terlalu banyak makan vetsin.

Mengganggu Efek Sinyal pada Otak

Makan terlalu banyak vetsin dapat mengganggu efek sinyal hormon leptin di otak. Leptin bertugas memberi tahu tubuh bahwa Anda sudah cukup makan. Keberadaan vetsin dapat meningkatkan asupan kalori, karena sifat penambah rasa ini dapat menyebabkan makan berlebihan.

Selain itu makan makanan yang diperkaya vetsin dapat menyebabkan Anda makan lebih sedikit kalori pada makanan berikutnya dan mengurangi asupan energi dari makanan yang tidak diperkaya vetsin.

Obesitas dan Gangguan Metabolisme

Vetsin dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme, mulai dari resistensi insulin, kadar gula darah tinggi, dan diabetes. Efek peningkatan sekresi saliva dapat mengganggu metabolisme karbohidrat di tubuh.

Memicu Kematian Sel Otak

Terlalu banyak konsumsi vetsin bisa berdampak pada kesehatan otak. Glutamat memainkan banyak peran penting dalam fungsi otak, salah satunya bertindak sebagai neurotransmitter (zat kimia yang merangsang sel-sel saraf untuk mengirimkan sinyal).

Vetsin disinyalir dapat menyebabkan toksisitas otak dengan menyebabkan kadar glutamat yang berlebihan di otak. Alhasil ia pun merangsang sel saraf secara berlebihan yang mengakibatkan kematian sel. Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan kepastian lebih lanjut mengenai hal ini.

Sensitivitas untuk Orang Tertentu

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping dari mengonsumsi vetsin yang disebut dengan gejala kompleks MSG. Gejala kompleks ditandai dengan gejala kelemahan, kemerahan, pusing, sakit kepala, mati rasa, ketegangan otot, kesulitan bernapas, dan bahkan kehilangan kesadaran. Untuk orang dengan sensitivitas demikian, perlu membatasi asupan vetsin atau MSG-nya tidak boleh lebih dari 3 gram.

Populer video

Berita lainnya