Menilik Mitos yang Beredar Tentang si Tangan Kidal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tangan Kidal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda pernah menemukan orang yang memiliki kecenderungan menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas, alias kidal. Memang belum diketahui secara pasti penyebab seseorang mengalami kidal. Namun, faktor genetik dan lingkungan bisa menjadi faktor terbesar seseorang mengalami kidal.

Nyatanya, ada mitos yang mengatakan orang kidal tidak memiliki imun tubuh yang kuat. Setidaknya ada beberapa mitos yang berseliweran di masyarakat terkait mereka yang kidal. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa mitos mengenai si tangan kidal:

Memiliki Kreativitas yang Lebih Baik

Banyak yang mengatakan orang kidal memiliki kreativitas lebih baik dibandingkan orang yang menggunakan tangan kanan saat beraktivitas. Padahal, kreativitas tidak ada hubungannya sama sekali dengan tangan kidal.

Sebuah penelitian pada tahun 1995, mengatakan pria yang kidal cenderung memiliki pemikiran yang kreatif dibandingkan dengan orang yang bukan kidal. Namun, hasil penelitian menyatakan tidak ada perbedaan tingkat kreativitas antara pria yang kidal dengan wanita yang tidak kidal.

Memiliki Kemampuan Memimpin yang Baik

Menurut Elizabeth Ochoa, PhD, kepala psikolog di Mount Sinai-Beth, Israel, mitos ini berkembang karena banyak pemimpin atau tokoh sejarah yang mengalami kondisi kidal. Ini membuat banyak orang berpikir bahwa orang kidal bisa menjadi pemimpin yang baik. Padahal, kemampuan memimpin dan tangan kidal tidak ada kaitannya sama sekali.

Memiliki Kepribadian yang Sangat Tertutup

Mitos orang kidal memiliki kepribadian yang sangat tertutup juga tidak bisa dibuktikan. Sebab, sebuah penelitian mengatakan bahwa kondisi kidal tidak dapat memengaruhi kepribadian seseorang. Justru pengalaman hidup, pendidikan, lingkungan, dan pola asuh orangtua menjadi beberapa faktor yang penting dalam membentuk kepribadian seseorang.

Berisiko Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Bukan hanya yang mengalami kondisi kidal, gangguan kesehatan mental berisiko dialami siapa saja. Tentunya hal ini hanya sebuah mitos yang tidak perlu dipercaya. Namun, sebuah penelitian di University of Yale mengatakan ada jenis gangguan kesehatan mental yang lebih rentan dialami oleh si tangan kidal, yaitu skizofrenia.

Tidak Akan Dapat Menggunakan Tangan Kanannya

Semakin bertambahnya usia, maka si tangan kidal akan mampu untuk melakukan beberapa hal menggunakan tangan kanan. Sebab pada dasarnya tangan kidal bukan sesuatu hal yang aneh. Kemampuan dan kondisi kesehatan akan serupa dengan orang yang menggunakan tangan kanan.

Populer video

Berita lainnya