Cara Alami Tingkatkan Kadar Dopamin yang Memicu Rasa Senang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tingkatkan Kadar Dopamin
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Dopamin adalah pembawa pesan kimia di otak yang memiliki banyak fungsi, seperti memori hingga mengatur gerakan tubuh. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, akan menciptakan perasaan senang yang memotivasi Anda untuk mengulang perilaku tertentu.

Kadar dopamin biasanya diatur dengan baik dalam sistem saraf. Nah, melansir laman helloSEHAT, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar dopamin secara alami.

Makan banyak protein

Dopamin secara alami diproduksi dari asam amino tirosin dan fenilalanin, yang dapat diperoleh dari makanan kaya protein, seperti ayam, daging sapi, telur, susu, kedelai dan kacang-kacangan. Penelitian menunjukkan asupan asam amino yang sangat tinggi ini dapat meningkatkan kadar dopamin di otak.

Kurangi makan lemak jenuh

Penelitian telah menemukan bahwa diet tinggi lemak jenuh dapat mengurangi sinyal dopamin di otak, yang mengarah ke respons sistem penghargaan di otak. Selain itu, perlunya mengurangi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, karena dapat menurunkan level dopamin di otak. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kadar dopamin ketika dilakukan secara teratur. Peningkatan suasana hati dapat dilihat setelah setidaknya 10 menit melakukan olahraga aerobik. Peningkatan ini cenderung paling tinggi setelah setidaknya 20 menit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga berat secara teratur beberapa kali per minggu secara signifikan meningkatkan kontrol motorik pada orang dengan Parkinson, menunjukkan bahwa mungkin ada efek yang menguntungkan pada sistem dopamin.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mengurangi sensitivitas dopamin di otak, yang menyebabkan perasaan kantuk berlebihan. Tidur teratur dan berkualitas tinggi dapat membantu menjaga kadar dopamin Anda seimbang dan membantu Anda merasa lebih waspada dan berfungsi tinggi pada siang hari.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamin di otak. Sebuah penelitian kecil mengamati efek musik pada dopamin menemukan peningkatan 9 persen kadar dopamin otak ketika orang mendengarkan lagu-lagu instrumental yang membuat mereka menggigil.

Meditasi

Meditasi adalah praktik membersihkan pikiran, memusatkan pikiran ke dalam dan membiarkan pikiran Anda mengambang tanpa penilaian atau keterikatan. Ini dapat dilakukan sambil berdiri, duduk atau bahkan berjalan dan latihan teratur yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Penelitian menemukan bahwa manfaat ini dikarenakan peningkatan kadar dopamin di otak. Meditasi dapat meningkatkan kadar dopamin di otak para meditator yang berpengalaman, tetapi tidak jelas apakah efek ini juga akan terjadi pada orang yang baru mengenal meditasi.

Terkena matahari

Gangguan afektif musiman atau Seasonal affective disorder (SAD) adalah kondisi di mana orang merasa sedih atau stres selama musim dingin atau cuaca mendung ketika mereka tidak terkena sinar matahari yang cukup. Kurangnya terkena sinar matahari ke tubuh dapat menyebabkan penurunan tingkat neurotransmitter yang meningkatkan mood, termasuk dopamin.

Namun perlu diingat, anda harus membatasi diri terkena sinar matahari, terutama ketika radiasi ultraviolet sedang kuat. Pasalnya, hal ini menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit. Sebaiknya gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

Populer video

Berita lainnya