4 Cara Mengatasi Overthinking untuk Menenangkan Hati dan Pikiran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Overthinking
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apakah anda termasuk orang yang mudah kepikiran sesuatu? Apapun hal sepele maupun penting, maka anda akan memikirkannya terus menerus. Jika demikian, anda termasuk overthingking, yang tanpa disadari kebiasaan itu adalah kurang baik.

Sayangnya, banyak orang mengangga overthinking merupakan kebiasaan baik yang bertujuan untuk berhati-hati sebelum mengambil keputusan. Padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele bisa memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan, yang lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari siaran pers Riliv, berikut 4 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi overthinking.

Berjalan kaki

Meski terkesan sepele, berjalan kaki selama 10 menit ternyata bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Saat berjalan kaki, anda akan fokus pada proses berjalan kaki, menghirup dan mengeluarkan napas yang anda lakukan, suara alam, dan pemandangan yang anda lihat. Pikiran-pikiran buruk pun beralih menjadi fokus sensasi alam yang ada di sekitar anda.

Meditasi

Melakukan meditasi terbukti membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Terdapat banyak jenis meditasi yang bisa Anda coba, namun yang paling mudah dilakukan adalah meditasi pernapasan.

Mendengar musik

Mendengarkan musik yang santai, tenang, atau mendengarkan suara alam juga bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Pilihlah jenis musik yang sesuai dengan selera anda. Jangan mendengarkan musik yang galau atau mengandung unsur lirik yang sedih yang bisa membuat anda semakin kepikiran.

Membaca buku

Membaca buku juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran. Namun, anda perlu memperhatikan jenis bacaan yang akan dibaca. Kalau memilih membaca berita atau informasi yang cukup “berat” hingga membuat anda berpikir secara mendalam dan bisa memicu perasaan cemas dan sedih, maka membaca malah membuat anda semakin overthinking.

Pilihlah bahan bacaan yang ringan dan menyenangkan seperti membaca komik, novel, dan buku bacaan lain yang sesuai selera anda.

Populer video

Berita lainnya