Puasa Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Terlepas dari ibadah wajib yang harus dijalankan umat Muslim, puasa memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya mengontrol kadar gula darah yang bermanfaat apabila dilakukan penderita diabetes. Di samping itu, beberapa studi juga mengatakan puasa bisa menurunkan resistensi insulin sehingga sensitivitas tubuh terhadap hormon tersebut meningkat.

Bukan hanya baik untuk organ dalam tubuh saja, ternyata puasa juga mempunyai khasiat bagi kesehatan kulit. Dilansir dari laman Klikdokter, berikut ini beberapa manfaat berpuasa untuk kulit anda.

Menyehatkan dan mengurangi tanda penuaan

Berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit. Antioksidan yang muncul selama berpuasa juga bisa mencegah munculnya jerawat dan komedo. Tak hanya itu, puasa juga bisa mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang dapat membuat kulit menjadi lebih bersih.

Meremajakan Kulit

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia di dalam tubuh. Hormon tersebut membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya, sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar. Berpuasa juga membantu meregenerasi sel di dalam tubuh sehingga membuat kulit anda lebih bercahaya.

Detoksifikasi kulit

Puasa berfungsi untuk detoksifikasi kulit wajah. Karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan kadar antioksidan. Dilansir dari beberapa sumber, detoksifikasi ini juga bisa membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.

Mengurangi peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Nantinya, antioksidan akan bekerja menangkal radikal bebas yang menyebabkan peradangan di kulit.

Membantu mempercepat penyembuhan luka

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat, dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Diduga, penyembuhan itu didapat karena puasa bisa meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk pada kulit. Ketika sel-sel rusak dan digantikan dengan yang baru, proses penyembuhan luka pun lebih cepat.

Di samping manfaat yang didapat, anda tetap harus rutin merawat diri dengan membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Terutama setelah anda menjalani aktivitas di luar. Gunakan juga pelembab dengan menggunakan produk yang sesuai dengan tipe kulit anda.

Populer video

Berita lainnya