Inilah Beberapa Penyebab Emosi jadi Susah Terkontrol

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Cepat Meredam Emosi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Emosi tak terkontrol mengacu pada perubahan suasana hati yang cepat dan berlebihan. Saat seseorang labil secara emosional, emosi dapat menjadi tidak terkontrol. Lingkungan juga dapat menjadi penyebab terciptanya ketidakstabilan emosi.

Emosi tak terkontrol dapat menjadi masalah dan mengganggu banyak orang, terutama jika terjadi sering dan tidak terduga. Namun yang jarang disadari, banyak faktor yang dapat memengaruhi kemampuan mengendalikan emosi. Melansir laman Halodoc, ketahui hal-hal yang dapat memengaruhi kesehatan emosional.

Kurang istirahat yang cukup

Ketika kurang tidur, Anda lebih mudah merasa lelah, tertekan, dan cenderung mudah marah. Sebab, kurangnya istirahat bisa mempengaruhi keseimbangan kimia dalam otak.

Selain itu, ketika lelah Anda juga lebih mudah merasa sensitif terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar. Walhasil, Anda menjadi lebih mudah tersinggung dan bereaksi secara berlebihan.

Konsumsi makanan yang buruk

Makanan tidak sehat dapat memengaruhi keseimbangan gula darah, serta memicu perubahan suasana hati. Ketika mengonsumsi makanan cepat saji contohnya. Mungkin untuk sementara waktu Anda akan merasa gembira dan enegik serelah makan manakan yang tinggi lemak dan gula ini.

Namun, Anda dapat mengalami penurunan drastis suasana hatinya. Selain itu, Anda juga bisa merasa gugup atau marah karena efek yang berasal dari makanan yang tidak sehat tersebut.

Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis dapat mempengaruhi kesehatan emosional. Misalnya depresi atau kecemasan, yang cenderung memiliki masalah dalam mengendalikan emosi. Kondisi medis lain yang memmengaruhi kesehatan emosional seperti bipolar, sindrom pramenstruasi, dan penyakit Alzheimer.

Stres

Stres berkepanjangan dapat memicu perasaan tidak terkendali dan mudah marah. Ketika terus-menerus mengalami hal ini, Anda akan merasa sukit mengendalikan emosi. Pada beberapa kasus, stres yang berkepanjangan juga memicu kecemasan atau depresi, yang dapat membuat kamu lebih mudah marah.

Kurangnya dukungan sosial

Ketika merasa sendirian dan tidak memiliki orang yang bisa diandalkan, Anda akan lebih muah merasa tertekan dan terisolasi. Kurang dukungan sosial bisa memengaruhi kesehatan mental dan menjadi lebih mudah marah.

Sebaliknya, ketika memiliki orang-orang yang peduli dan memberikan dukungan, Anda akan lebih mampu mengendalikan emosi dan merasa lebih tenang.









Populer video

Berita lainnya