Tips Mempertahankan Sayuran Agar Tetap Segar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menjaga Sayuran Tetap Segar
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sayuran yang segar memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, memasukkan sayuran dalam diet diperlukan untuk mencapai kebutuhan gizi yang seimbang, dengan dibarengi dengan gaya hidup yang sehat dan aktif. Oleh karenanya, penting memperhatikan kesegaran sayuran yang akan dikonsumsi, agar kebaikan dari sayuran tersebut akan lebih optimal.

Dengan mengonsumsi sayuran segar, banyak manfaat yang akan dirasakan bagi tubuh. Di antaranya, menjaga berat badan ideal. Mengurangi risiko obesitas, menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah, mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, hingga kanker.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sayuran segar. Mulai dari memperhatikan warna dari sayuran itu sendiri, bau dari sayuran hingga tekstur dari permukaan sayuran. Lantas bagaimana menjaga sayuran agar tetap segar untuk mempertahankan manfaatnya? Melansir laman helloSEHAT, perhatikan tips berikut ini.

  • Simpan sayuran di dalam kantong plastik atau kulkas untuk meningkatkan kelembapannya.
  • Hindari mendinginkan kentang atau labu karena bisa memengaruhi rasa akibat pati yang berubah menjadi gula. Simpan pada suhu kamar yang sejuk.
  • Pilih sayuran sebelum disimpan dan buang bila terdapat memar atau bintik-bintik pada kulit yang lunak.
  • Pisahkan sayuran yang melepaskan gas dengan sayuran yang sensitif terhadap gas.
  • Cuci sayuran dan tiriskan dengan baik sebelum disimpan.
  • Simpan sayuran yang ingin dibekukan dalam freezer dengan suhu -18°C.
  • Letakkan sayuran kering dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering.
  • Sayuran segar memang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meski begitu, cara memilih sayuran segar tak bisa sembarangan. Anda juga perlu menyimpan sayuran dengan baik agar tetap bisa memperoleh kebaikannya.

Populer video

Berita lainnya