Tips Jitu Hadapi Pasangan yang Diam Ketika Marah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Hadapi Pasangan yang Diam saat Marah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda pernah menghadapi pasangan yang memilih diam saat sedang marah. Lantaran sikap diamnya itu, walhasil anda jadi bingung bagaimana menghadapi pasangan yang diam saat marah.

Ada banyak alasan yang membuat pasangan memilih diam saat marah pada anda. Sikap yang demikian bisa karena takut mengeluarkan kata yang menyinggung, bingung harus bersikap apa, atau boleh jadi sekadar malas bicara dengan anda.

Ya, pada dasarnya pasangan memiliki hak bagaimana harus bersikap ketika sedang marah. Namun agar situasi tak menjadi memburuk dan hubungan anda kembali mencair, berikut ini tips menghadapi pasangan yang marah dan memilih diam seperti dilansir dari laman helloSEHAT.

Dekati pasangan dengan lembut

Pendekatan yang lembut bisa menjadi cara efektif untuk memulai percakapan. Dekati pasangan anda pelan-pelan, kemudian coba bicara padanya dengan intonasi yang lembut. Tanyakan padanya mengapa ia mendiamkan anda. Bahkan sampaikan permintaan maaf jika kesalahan terletak pada anda.

Jika pasangan ternyata masih tak juga merespon, beri ia waktu untuk mendinginkan hatinya. Jangan lupa katakan padanya, setelah merasa lebih tenang, anda ingin mengajaknya kembali untuk berdiskusi.

Ungkapkan perasaan anda

Saat pasangan marah dan memilih diam seribu bahasa, sampaikan perasaan anda padanya. Katakan bahwa sikapnya yang demikian membuat anda sedih sekaligus bingung. Sebab, diamnya pasangan membuat anda tak tahu apa yang harus dilakukan, dan harus menunggu sampai ia mau berbica.

Jika anda merasa tidak bisa menyelesaikan masalah dengan cara ini, katakan juga sejelas mungkin padanya. Anda berhak menyuarakan pendapat ketika sikapnya membuat keadaan makin memburuk.

Beri pasangan waktu

Terkadang pasangan marah bukan karena anda salah. Bisa saja karena ia ingin anda menuruti keinginannya. Sementara diam sering menjadi senjata agar anda mau mengikuti aturan mainnya. Namun jika anda merasa keinginannya tidak masuk akal dan enggan melakukannya, tak perlu pusing. Anda bisa mendiamkannya sesekali, hingga ia sendiri yang nantinya akan melunak.

Meski begitu, anda tetap perlu berusaha mengajak pasangan berbicara. Jika ternyata ia tidak menanggapi dan tetap bersikeras pada pendiriannya, cobalah diamkan sejenak. Sikap ini akan memberi tahu pasangan secara tak langsung bahwa diam bukanlah cara untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Selain ada cara-cara yang perlu dilakukan, ada beberapa sikap yang sebaiknya anda hindari, seperti:

  • Merespons sikap pasangan dengan amarah yang meledak-ledak. Hal ini tak akan menyelesaikan masalah tetapi justru bisa memperparahnya.
  • Mengemis atau memohon yang justru hanya akan membuat pasangan semakin mendiamkan Anda.
  • Meminta maaf hanya untuk mengakhiri hal ini padahal Anda tak melakukan kesalahan apa pun.
  • Mengancam pasangan akan mengakhiri hubungan.

Populer video

Berita lainnya