Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Kurang Tidur bagi Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Proses penuaan pada kulit merupakan hal yang tidak terelakkan seiring bertambahnya usia. Namun, ada juga kondisi kulit wajah yang terlihat jauh lebih tua dari seharusnya. Kondisi ini mungkin terjadi karena penuaan dini alias proses penuaan kulit yang terjadi terlalu cepat.

Ada banyak faktor yang menyebabkan penuaan dini, salah satunya tidak merawat kulit dengan baik serta pola hidup yang tidak sehat. Melansir laman halodoc, penting untuk selalu menerapkan langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penuaan dini.

Selalu gunakan tabir surya

Sunscreen alias tabir surya bisa membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar rumah, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.

Rajin cuci muka

Cuci muka tidak hanya berperan dalam membersihkan sisa kotoran dan debu, tetapi juga bisa mencegah penuaan dini. Hindari penggunaan sabun wajah yang keras dan mengandung bahan berbahaya, agar kulit tidak kering. Jangan mencuci muka dengan air yang terlalu panas dan hindari menggosok wajah terlalu keras, karena dapat memicu iritasi.

Gunakan pelembap

Pelembap wajah dibutuhkan untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Kerusakan pada kulit bisa membuatnya terlihat lebih tua.

Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bisa merusak kesehatan secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit. Kebiasaan merokok bisa membuat kulit menjadi lebih cepat menua, muncul kerutan, dan terlihat kusam.

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi buah dan sayur bisa membantu menjaga kesehatan serta mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Hindari juga kebiasaan mengonsumsi banyak gula dan karbohidrat. Sebab keduanya disebut dapat memicu penuaan dini.

Hindari alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol terlalu banyak bisa merusak kulit. Sebab, kandungan dalam alkohol bisa membuat kulit kering dan rusak.

Rutin olahraga

Mencegah penuaan dini juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah serta kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan mencegah penuaan.

Populer video

Berita lainnya