Pola Makan Ini yang Bisa Menyebabkan Pria Tidak Subur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kesuburan Pria
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengatur pola makan yang sehat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesuburan pria tetap optimal. Sebab, pola makan yang tidak tepat bukan hanya menyebabkan penurunan kualitas sperma yang bisa memengaruhi kesuburan, tetapi juga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan pada pria. Melansir laman halodoc, berikut ini pola makan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penurunan kesuburan pada pria.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji menjadi salah satu jenis makanan yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan yang berkaitan dengan jantung maupun paru-paru. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji juga bisa memengaruhi kualitas sperma para pria.

Hal ini terjadi akibat kandungan lemak jenuh pada makanan cepat saji yang dapat memengaruhi kualitas sperma. Kandungan lemak pada makanan cepat saji juga berisiko memicu obesitas pada pria. Obesitas menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan kesuburan baik pria maupun wanita.

Kurang mengonsumsi buah dan sayur

Kandungan vitamin C dalam buah dapat meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. Selain vitamin C, pastikan juga Anda mengonsumsi sayuran atau buah yang memiliki kandungan folat. Dengan terpenuhinya kebutuhan folat, jumlah hingga kualitas sperma bisa meningkat.

Suka mengonsumsi makanan dan minuman manis

Batasi mengonsumsi makanan dan minuman dengan pemanis tambahan untuk menjaga kesehatan. Bagi pria, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman ini dapat menurunkan kesuburan. Gula yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi racun bagi sperma sehingga menurunkan kualitas sperma yang memengaruhi kesuburan.

Kurang asupan nutrisi omega 3

Sebaiknya penuhi kebutuhan omega 3 dengan mengonsumsi berbagai makanan, seperti ikan salmon atau sarden.

Cairan tubuh tidak tercukupi

Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang bisa memengaruhi kesuburan pria. Oleh karena itu, Pastikan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi berbagai buah yang mengandung air tinggi untuk membantu kamu dalam pemenuhan kebutuhan cairan.

Populer video

Berita lainnya