Ini Alasan Sebaiknya Tidak Keramas Setiap Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Keramas Tanpa Sampo
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rajin keramas menjadi salah satu cara untuk merawat dan menjaga kebersihan rambut. Sebab, keramas adalah cara termudah untuk membersihkan dari segala kotoran dan minyak yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Meski begitu, seberapa sering kita keramas juga perlu diperhatikan. Pasalnya, sering keramas setiap hari justru memiliki efek buruk.

Idealnya keramas dilakukan dua hingga tiga kali seminggu untuk membantu menghilangkan kelebihan sebum dan kotoran tanpa merusak rambut. Berikut ini alasan Anda sebaiknya tidak keramas setiap hari.

Mengganggu keseimbangan mikroba baik dan jahat

Mencuci rambut terlalu sering dapat membuang mikrobioma kulit kepala yang baik sehingga mengakibatkan bakteri dan jamur jahat justru mengambil alih. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan peradangan atau masalah lain pada kulit kepala.

Itu karenanya direkomendasikan agar mencuci rambut dan membersihkan kulit kepala dengan lembut cukup dua hingga tiga kali seminggu saja guna membantu menghilangkan kelebihan sebum.

Menghilangkan minyak alami rambut

Keramas setiap hari atau mencuci rambut secara berlebihan akan menghilangkan minyak alami rambut Anda. Apabila minyak alami rambut itu hilang, rambut lebih cepat kering dan rentan patah.

Rambut jadi kering

Rambut yang kering dan mengembang tak beraturan termasuk salah satu pertanda jika seseorang mungkin terlalu sering keramas. Keramas terlalu sering juga akan memengaruhi tekstur rambut. Jika kondisinya sangat kering, kian lama rambut akan rapuh, mudah patah, dan rentan bercabang pada ujung rambut.

Kehilangan kilau rambut

Alasan tidak boleh keramas setiap hari lainnya adalah bisa kehilangan kilaunya. Kondisi tersebut terjadi karena kelewat sering mencuci rambut akan menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit kepala.

Memicu ketombe

Terlalu sering mencuci rambut juga berpotensi mengakibatkan ketombe. Kondisi ini terjadi ketika kulit kepala Anda terlalu kering dan mulai mengelupas. Alasan tidak boleh keramas setiap hari ini juga ada kaitannya dengan pemakaian sampo. Meminimalkan penggunaan sampo akan memberikan kesempatan kelenjar minyak di kulit kepala Anda menunaikan tugasnya sekaligus menenangkan kulit kepala secara alami.

Populer video

Berita lainnya