Ketahui Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rambut berketombe bisa menimpa siapa saja. Celakanya, kondisi ini seringkali membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Umumnya, kemunculan ketombe ditandai dengan rasa gatal, serpihan putih di kulit kepala, menimbulkan kondisi yang tidak nyaman, hingga bercak berminyak di kulit kepala.

Ketombe sendiri dapat disebabkan beberapa faktor termasuk kulit kering, dermatitis, sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu, atau pertumbuhan jenis jamur tertentu di kulit kepala. Nah, kabar baiknya, ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi kondisi ini. Berikut bahan-bahan alami untuk menghilangkan ketombe.

Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat mencegah infeksi kulit. Ia juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan komponen lain yang meningkatkan penyembuhan. Selain itu, gel lidah buaya juga memberikan rasa sejuk dan menenangkan saat dioleskan ke kulit. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas.

Minyak kelapa

Asam laurat dalam minyak kelapa bersifat antimikroba yang dapat membantu memerangi jamur Malassezia, yang menjadi salah satu penyebab ketombe. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang berguna untuk mengatasi kasus ketombe akibat psoriasis dan penyakit kulit lainnya.

Soda kue

Soda kue berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati melalui pengelupasan kulit secara lembut tanpa menimbulkan iritasi. Dengan begitu, sel kulit mati akan terangkat dan gatal dapat berkurang. Cara penggunaannya, pertama basahi rambut Anda dan taruh soda kue ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas rambut Anda.

Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh efektif melawan jenis jamur penyebab dermatitis seboroik dan ketombe. Ini karena tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi keparahan dan kemunculan ketombe. Untuk menggunakannya, larutkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam air secukupnya, lalu oleskan langsung ke kulit kepala.

Air perasan lemon

Buah lemon merupakan sumber vitamin C, flavonoid, dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, asam sitrat yang ada dalam lemon dapat menyeimbangkan pH alami kulit kepala, sehingga dapat mencegah ketombe, memperkuat folikel rambut, dan enghilangkan minyak berlebih di kulit kepala.

Cuka sari apel

Kadar asam pada cuka apel dipercaya membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga menyeimbangkan pH kulit kepala yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Aspirin

Aspirin mengandung asam salisilat, senyawa utama yang ditemukan di banyak sampo anti-ketombe. Asam salisilat telah terbukti efektif dalam pengobatan dermatitis seboroik dan ketombe. Selain itu, asam salisilat membantu menghilangkan kulit bersisik dan mengurangi keparahan ketombe.

Cara pengguanaannya, pertama hancurkan dua aspirin dan campurkan dengan sampo Anda. Setelah itu gunakan campuran itu untuk keramas. Biarkan selama dua menit, kemudian bilas rambut.

Populer video

Berita lainnya