Sederet Manfaat Membaca Buku, dari Mengurangi Stres Hingga Menguatkan Fungsi Otak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membaca
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Membaca buku sering dikaitkan dengan proses belajar, apalagi jika masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Rupanya tak hanya itu, ternyata membaca buku juga bermanfaat bagi kesehatan otak dan juga kesehatan mental.

Membaca buku bisa jadi alternatif untuk menurunkan tekanan dan membantu pikiran kita jadi lebih tertata, Di tengah kehidupan masa kini yang super sibuk. Berikut manfaat membaca buku yang dapat Anda rasakan.

Mengurangi Stres

Tuntutan dan tanggung jawab membuat kita seakan terus-menerus dikejar waktu. Memiliki banyak peran menjadikan kita harus multitasking dalam mengerjakan banyak tugas. Alhasil, kita mudah terkena stres dan kecemasan jadi meningkat.

Sementara membaca dapat mengurangi tingkat stress sampai 68 persen. Membaca memaksa kita memusatkan pikiran dan fokus terhadap satu hal dapat menurunkan level stres.

Menguatkan Fungsi Otak

Membaca merupakan salah satu cara untuk melatih otak. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa membaca memberikan dampak positif terhadap otak. Dikutip dari Healthline, dengan membaca akan membuat jaringan sirkuit dan sinyal dalam otak jadi semakin kuat dan semakin canggih. Hal ini terjadi seiring dengan matangnya kemampuan seseorang dalam membaca.

Meningkatkan Empati

Selain melatih otak, membaca juga bisa melatih kepekaan terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar kita. Sebuah penelitian menemukan bahwa membaca buku fiksi literatur dapat meningkatkan Theory of Mind. Yakni kemampuan seseorang untuk memahami orang lain, seperti keyakinan dan keinginannya, meski orang tersebut berbeda dengannya.

Melawan Pikun

Pikun merupakan istilah umum yang digunakan untuk orang yang mengalami demensia. Demensia sendiri adalah kondisi di mana seseorang mengalami penurunan daya ingat. Pada umumnya, demensia menyerang orang yang berusia lanjut.

Aktivitas yang melibatkan otak seperti membaca buku dapat menurunkan kemungkinan terkena demensia. Membaca merupakan aktivitas kognitif yang membantu menstimulasi otak sehingga terhindar dari kesulitan berpikir dan mengingat.

Populer video

Berita lainnya