Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Menikah Lagi Pasca Bercerai

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gagal dalam membina rumah tangga dan berujung pada perceraian, bukan berarti seseorang tidak berhak memiliki impian membangun keluarga utuh dan ingin menikah lagi.

Namun sebelum keputusan itu diambil, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar pengalaman pahit yang pernah dialami tidak kembali terulang. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, jika ingin membangun keluarga utuh dan ingin menikah lagi.

Tunggulah setidaknya setahun

Ada kalanya seseorang yang baru bercerai segera menjalin hubungan baru hanya untuk mengisi kekosongan di dalam hatinya. Padahal, ini merupakan cara yang tidak sehat. Meskipun tidak ada waktu yang pasti kapan seseorang siap menikah lagi, sebaiknya Anda menunggu setidaknya selama satu tahun sebelum kembali menjalin hubungan baru.

Dengan begitu, Anda cukup waktu untuk kembali menata hati dan menyesuaikan diri dengan kehidupan baru. Selain itu, Anda juga memiliki waktu untuk kembali membangun kepercayaan diri dan melakukan evaluasi terkait masalah rumah tangga.

Pastikan kesehatan fisik dan mental

Saat memutuskan untuk menikah lagi setelah bercerai, pastikan kondisi fisik, mental dan emosional Anda telah stabil. Sebab, dampak perceraian bagi pria maupun wanita tidaklah sedikit. Jangan buru-buru memutuskan menikah lagi hanya karena merasa tidak bisa menjalani hidup sendiri, dorongan dari keluarga, dan membutuhkan tempat bergantung. Anda harus bisa merasa utuh secara pribadi sebelum siap menerima kehadiran orang lain di hidup Anda lagi.

Jangan jadikan pasangan baru sekadar pelarian

Sebelum membangun rumah tangga lagi, pastikan bahwa Anda sudah melupakan mantan pasangan Anda dan tidak sedang mencoba melupakannya dengan cara menjalin hubungan bersama pasangan baru. Tindakan seperti ini akan menjadi bom waktu yang dapat menyakiti banyak pihak serta berpotensi membuat pernikahan Anda gagal lagi.

Bersikap jujur tentang masa lalu

Jujurlah kepada pasangan baru mengenai masa lalu. Jangan menutupi fakta mengenai perceraian Anda. Dengan demikian, Anda dapat bersama dengan seseorang yang dapat menerima Anda secara utuh, termasuk soal masa lalu Anda.

Populer video

Berita lainnya