Penyebab Mata Merah Saat Berkendara Sepeda Motor dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Berkendara Sepeda Motor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata merah bisa terjadi saat mengendarai sepeda motor. Hal ini bukan hanya mengganggu tapi dapat membahayakan keselamatan. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab mata merah saat mengendarai sepeda motor, hal yang paling sering menjadi penyebab utama adalah polusi udara dari asap kendaraan bermotor.

Selain polusi udara, beberapa hal lain yang dapat meningkatkan risiko mata merah adalah:

  • Usia di atas 50 tahun. Pada usia ini produksi air mata mulai berkurang
  • Jenis kelamin. Perempuan lebih rentan mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan fluktuasi pada produksi air mata dibandingkan laki-laki.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang bersifat diuretik, antihistamin, dan juga beta-blockers.
  • Kekurangan vitamin A. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Saat kekurangan vitamin A, tubuh tidak dapat memelihara kesehatan mata secara optimal.
  • Mengenakan lensa kontak

Selain mengganggu saat berkendara, iritasi mata yang terjadi secara terus menerus dapat membuat penyakit mata yang lebih parah. Melansir laman sehatQ, simak tips agar mata tetap aman saat berkendara.

Pastikan helm tetap tertutup

Saat Anda berkendara dengan sepeda motor, mata rentan terpapar debu dan polusi udara. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menutup kaca helm Anda untuk melindungi mata. Akan lebih baik lagi jika Anda mengenakan helm full-face untuk perlindungan yang lebih maksimal.

Hindari menggunakan lensa kontak

Saat Anda mengendarai sepeda motor hindari menggunakan lensa kontak. Pasalnya mata lebih mudah kering saat tertiup angin. Sementara itu kondisi mata harus tetap lembap selama Anda memakai lensa kontak. Jika tidak hal ini akan menyebabkan iritasi mata.

Sering berkedip

Mengedipkan mata dapat membantu mata menjaga mata tetap lembap.

Hindari menggaruk mata

Saat mata terasa gatal hindari menggaruk atau menguceknya. Jika mata terasa gatal akibat kemasukan debu, kedipkan mata berkali-kali hingga rasa tidak nyaman hilang. Bila mata masih terasa gatal, letakkan kain lembap di sekitar mata hingga sensasi gatal hilang.

Istirahat

Berkendara dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan kering. Jika Anda sedang dalam perjalanan panjang, pastikan untuk mengambil waktu untuk istirahat agar mata kembali segar.

Populer video

Berita lainnya