Bukan Hanya Menyenangkan, Ini Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bermain Hula Hoop
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda pernah mendengar permainan hul hoop. Ini merupakan salah satu mainan yang dimainkan dengan cara diputar di bagian pinggul, perut, hingga leher. Ternyata, hula hoop juga menjadi salah satu benda yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat hula hoop bagi kesehatan tubuh.

Membantu membakar kalori

Salah satu manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari bermain hula hoop adalah membantu membakar kalori. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan diet defisit kalori. Sebab, pembakaran kalori dari bermain hula hoop dikabarkan setara dengan aktivitas aerobik lainnya, seperti tari salsa atau tari perut.

Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler

Latihan kardiovaskular (juga dikenal sebagai aerobik) dapat melatih jantung dan paru-paru. Nah, hula hoop dianggap sebagai salah satu latihan kardiovaskular, sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan sistem kardiovaskuler. Mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, dan bahkan mengurangi stres.

Meningkatkan kekuatan otot inti

Manfaat selanjutnya dari bermain hula hoopadalah meningkatkan kekuatan otot inti tubuh. Sebab, ketika menggunakan benda tersebut, Anda akan menggerakan pinggul sebanyak mungkin agar hula hoop tetap berada di pinggang atau pinggul. Ketika melakukannya, Anda menggunakan otot inti dan mobilitas panggul. Semakin sering melakukannya, maka kekuatan otot inti dan mobilitas panggul akan semakin meningkat.

Membantu keseimbangan tubuh

Memiliki keseimbangan tubuh yang baik dapat memberikan kendali yang lebih baik atas gerakan yang dilakukan. Semua jenis aktivitas fisik yang mengharuskan seseorang mempertahankan postur dan stabilitas di atas dasar penyangga, seperti hula hoop, dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Selain itu, permainan ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan memungkinkan tubuh melakukan latihan lain dengan gerakan yang lebih baik.

Populer video

Berita lainnya