Tips Mencegah Infeksi Lewat Kebiasaan Sehari-hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cuci Tangan menurut standar WHO
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penularan penyakit infeksi bisa terjadi kapan pun, di mana pun, dan lewat perantara apa saja. Bahayanya, penyakit infeksi dapat menimbulkan masalah kesehatan dari yang sepele hingga serius. Karenanya, cara terbaik untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencegah infeksi datang, terutama bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Melansir laman hellosehat, berikut berbagai kebiasaan yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah penularan infeksi.

Rajin mencuci tangan

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sementara bakteri yang tak kasatmata membuat tangan seolah tampak bersih sehingga Anda langsung makan tanpa mencuci tangan terlebih dulu. Akibatnya, sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya bisa menyerang Anda.

Sebagai cara mencegah penyebaran infeksi yang berasal dari tangan, Anda perlu menerapkan kebiasaan mencuci tangan ini. Direkomendasakan mencuci tangan pakai sabun sebagai langkah pencegahan infeksi, terutama:

  • Sebelum makan
  • Sebelum memegang, mengolah, dan menyiapkan makanan
  • Setelah buang air besar
  • Setelah melakukan kontak dengan hewan, tanah, dan fasilitas umum, seperti angkutan umum.

Gunakan masker mulut

Menutupi hidung dan mulut dengan menggunakan masker menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri, virus, maupun mikrob lain yang bisa menyebabkan penyakit. Cara ini pula yang umumnya menjadi cara penularan beberapa penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus, seperti flu dan COVID-19.

Jangan berbagi barang pribadi

Menggunakan barang pribadi secara bergantian bisa membuat barang-barang tersebut menjadi sumber penularan penyakit infeksi. Oleh karena itu, sikat gigi, handuk, sapu tangan, dan alat makan termasuk barang pribadi yang sebaiknya tidak dipinjamkan kepada orang lain. Sebab, Anda tidak pernah tahu kondisi kesehatan seseorang dari luarnya saja.

Kebiasaan ini tak hanya bermanfaat untuk melindungi kesehatan Anda, tapi juga mencegah penularan infeksi pada orang lain di sekitar Anda.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor

Hidung memiliki suhu hangat dan lembap sehingga menjadi tempat favorit virus dan bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, mata dan mulut merupakan bagian tubuh yang dilapisi jaringan basah (mukosa). Hal ini membuat bakteri lebih mudah terperangkap, lalu hidup dan berkembang dalam jaringan.

Sebagai cara mencegah infeksi, jangan sentuh ketiga bagian ini dan bagian tubuh lainnya saat tangan dalam keadaan kotor. Sebelum menyentuh mata, hidung, dan mulut, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun terlebih dulu.

Jangan jajan sembarangan

Pintar-pintarlah dalam memilih jajanan. Hindari kebiasaan jajan sembarangan, apalagi memilih membeli makanan yang dibiarkan terbuka tanpa penutup apa pun. Makanan yang dibiarkan terbuka akan lebih mungkin terkontaminasi zat lain yang bisa menimbulkan infeksi. Selain itu, coba perhatikan kebersihan dari dagangan yang dijajakan dan perlengkapan makan yang digunakan si penjual.

Tutup mulut saat batuk dan bersin

Beberapa penyakit menular dapat ditularkan lewat udara saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Apabila Anda sedang tidak sehat, sebaiknya hindari kontak dengan orang lain. Jangan lupa menutup mulut jika sering bersin atau batuk untuk menghentikan penyebaran penyakit ke orang lain.

Menjaga kebersihan barang-barang di sekitar Anda

Membersihkan barang-barang yang sering digunakan seperti gagang pintu, keran, mainan, sakelar lampu, dan meja dapat membantu mengurangi penyebaran infeksi. Anda bisa membersihkan permukaannya dengan air sabun atau produk pembersih rumah tangga.

Populer video

Berita lainnya