Sering Kesiangan? Coba Tips Ini Agar Bisa Bangun Pagi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Bangun Pagi Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda termasuk yang sulit untuk bangun pagi setiap hari. Bahkan meski sudah melakukan berbagai cara, anda tetap susah untuk bangun pagi. Padahal ada pepatah bilang, ‘bangun pagi supaya rezeki tidak dipatok ayam’.

Nah jika anda termasuk yang sulit bangun pagi, dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda mengatasi kesulitan tersebut.

Cari alasan kuat anda harus bangun pagi

Setiap orang memiliki alasan berbeda-beda untuk bangun pagi. Coba pikirikan, apa yang memotivasi anda untuk meninggalkan kebiasaan bangun siang dan bangun lebih pagi. Bisa jadi, anda ingin bangun pagi agar tidak terburu-buru berangkat ke kantor. Masih banyak lagi alasan lain yang membuat anda harus bangun lebih awal.

Hal yang terpenting adalah menanamkan alasan itu di dalam pikiran anda untuk mengubah kebiasaan bangun kesiangan. Anda juga bisa memberi tahu ke orang sekitar (atau paling tidak yang tidur di dekat Anda) tentang kebiasaan baru yang ingin anda terapkan ini. Jika di awal anda kesulitan untuk bangun pagi, setidaknya orang sekitar akan membantu membangunkan. Lambat-laun Anda akan terbiasa untuk bangun lebih pagi.

Mulai pelan-pelan

Mungkin terdengar mustahil anda akan bangun pukul 5 subuh, sementara selama ini anda terbiasa bangun pukul 9. Tenang, tak ada yang tak mungkin. Semua itu bisa terjadi, apalagi disertai dengan tekad kuat anda untuk bangun lebih awal.

Mengubah sebuah kebiasaan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Artinya, anda tak perlu melakukan perubahan drastis. Anda bisa mencoba cara agar bisa bangun pagi secara pelan-pelan. Cobalah bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya selama sepekan. Jika berhasil, selanjutnya coba bangun 1 jam lebih awal untuk seminggu berikutnya. Begitu seterusnya.

Tidur lebih awal

Tidur lebih awal menjadi salah satu cara agar anda bisa bangun pagi. Sebab, mustahil akan bangun lebih awal jika semalaman anda begadang. Cobalah tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu anda akan mendapatkan jam tidur sehingga tak perlu lagi merasa kesal setiap kali alarm berbunyi.

Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

Pernahkah anda terkejut mendengar alarm jam, ketika sedang enak-enaknya tidur? Biasanya tanpa basa-basi kita akan langsung memencet tombol tunda (snooze), dan kembali melanjutkan tidur. Bagaumana dengan rencana bangun pagi?

Oleh karena itu, cobalah meletakkan alarm jauh dari tempat tidur dan terjangkau oleh tangan anda. Tujuannya, ketika alarm menyala anda akan terbangun dan “terpaksa” harus beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya. Jika sudah demikian, biasanya sedikit sulit untuk tidur kembali.

Buat suasana kamar nyaman

Kamar yang nyaman memungkinkan anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika anda seringkali sulit untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar anda. Tanpa disadari, suasana kamar yang kurang nyaman bisa membuat anda susah tidur. Sehingga anda tidak dapat tidur lebih awal dan kualitas tidur pun menjadi buruk.

Keluar dari kamar setelah bangun

Saat bangun dari tidur, sebaiknya segera beranjak dan keluar dari kamar anda. Percaya atau tidak, cara ini cukup efektif untuk membantu Anda bangun pagi. Pasalnya, dengan keluar kamar akan mencegah anda untuk kembali terlelap setelah mematikan alarm.

Awalnya, mungkin ini bukan perkara mudah bagi anda. Tetapi, dengan tekad kuat dan kedisiplinan yang besar, lama kelamaan anda tentu bisa melakukannya dan menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga anda tidak lagi kesulitan bangun lebih awal.

Hindari makan sebelum tidur

Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum pergi tidur. Cara ini bisa anda praktikkan agar bisa bangun lebih awal. Ya, ternyata mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat malah sibuk bekerja memproses makanan yang baru dimakan.

Hal tersebut dapat menyebabkan anda mengalami berbagai gangguan tidur hingga kurang tidur. Oleh sebab itu, jika memang lapar pada malam hari, lebih baik mengonsumsi camilan sehat dan menghindari makan berat. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung stimulan seperti kafein. Alih-alih jadi cepat mengantuk, kafein justru membuat Anda terjaga.

Populer video

Berita lainnya