Badan Lemas dan Lesu Terus Menerus? Ini Penyebabnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Badan Lemas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda pernah merasakan badan lemas dan lesu terus menerus. Banyak yang mengira, kondisi itu dipicu karena padatnya aktivitas dan kurang tidur. Memang benar adanya kurang tidur membuat badan menjadi lemas. Namun masih banyak lagi yang membuat badan Anda lemas dan lesu berkepanjangan. Melansir laman helloSEHAT, berikut penjelasannya.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas dan kelelahan. Tubuh yang terjaga dalam kurun waktu 20 jam sehari, rentan mengalami kelelahan ekstrem jika dilakukan lebih dari 7 hari. Sebaiknya, Anda tidur atau istirahat sekurang-kurangnya 6 sampai 7 jam perhari. Pastikan juga tidur di kasur yang nyaman dan mengatur pola jam tidur Anda agar teratur.

Sleep apnea

Sleep apnea adalah sebuah gangguan tidur yang menjadi salah penyebab badan lemas. Gejala gangguan tidur ini dialami dengan kondisi tubuh berhenti bernapas sesaat pada waktu tidur. Kebanyakan orang tidak sadar saat mengalaminya. Tapi
kondisi ini bisa menyebabkan dengkuran keras, dan akhirnya badan terasa sangat lelah di siang hari. Sleep anea ini, juga bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih, merokok, dan sering mengonsumsi alkohol.

Kurang makan makanan bergizi

Apa yang Anda makan dapat memengaruhi seberapa banyak energi yang bisa dikeluarkan. Kurang makan atau kurang gizi dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas dan letih. Terlebih, jika makanan yang dikonsumsi mengandung zat gula yang tinggi. Gula darah akan melonjak seketika dan menurun dalam waktu singkat pula. Biasanya setelah memakannya, Anda akan merasakan ngantuk, lemas dan lelah.

Anemia

Anemia akibat kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab badan lemas bagi kebanyakan wanita. Pasalnya, sel darah merah dan zat besi merupakan salah satu unsur penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh akan sulit mendapatkan oksigen untuk diolah menjadi energi. Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi atau kehamilan.

Oleh karena itu, penderita anemia dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan seperti kentang, daging, kacang-kacangan, dan beras merah. Konsultasikan juga pada dokter, guna mendapatkan asupan suplemen zat besi dalam dosis yang tepat.

Kebanyakan mengonsumsi kafein

Anggapan mengonsumsi kafein bisa bikin energi bertambah dan tubuh menjadi bugar tidak sepenuhnya benar. Justru tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi kafein rentan membuat badan jadi lebih lemas setelah efek kafein memudar. Selain itu gelisah, insomnia dan tekanan darah tinggi, juga bisa Anda alami kalau minum atau mengonsumsi kafein secara berlebih.

Hipotiroidisme

Tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh, guna mengubah gizi yang masuk menjadi energi dalam tubuh. Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), dapat menyebabkan badan mudah lemas, depresi, dan penambahan berat badan secara berkala. Untuk mengobati hipotiroidisme ini, Anda bisa melakukan tes darah untuk mendapatkan hasil yang pasti.

Populer video

Berita lainnya