Simak Tips Mudik Lebaran agar Tetap Sehat dan Lancar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jalan-Jalan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mudik Lebaran merupakan momen yang dinantikan oleh banyak orang. Pasalnya, mereka dapat berkumpul dengan keluarga tercinta di Hari Raya Lebaran. Namun perjalanan jauh bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan perjalanan mudik Lebaran berjalan lancar. Melansir laman Halodoc, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan:

Lakukan Persiapan yang Matang

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk melakukan persiapan yang matang. Periksa kondisi kendaraan yang akan digunakan dan pastikan dalam kondisi prima. Jika menggunakan transportasi umum, pilihlah kendaraan yang nyaman. Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, hal ini akan membantu menjaga stamina selama perjalanan dan memastikan kamu tetap segar setelah sampai di tujuan.

Perhatikan Asupan Makanan

Selama perjalanan, penuhi asupan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Siapkan bekal makanan sehat seperti roti gandum dan buah-buahan untuk menambah energi dan menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan sehat akan membantu menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan.

Istirahat yang Cukup

Jika merasa lelah selama perjalanan, segera beristirahat dan jangan memaksakan diri. Istirahat yang cukup akan membantu mengembalikan stamina dan tenaga yang terkuras selama perjalanan. Hal ini juga penting terutama jika ada anggota keluarga, terutama anak-anak, yang ikut dalam perjalanan mudik.

Perhatikan Asupan Cairan

Selain makanan, pastikan juga untuk cukupi kebutuhan cairan selama perjalanan. Tubuh akan lebih banyak terpapar polusi selama perjalanan, oleh karena itu penting untuk menjaga hidrasi tubuh dengan cukup. Minumlah air putih secara teratur dan konsumsi buah-buahan yang tinggi kadar air.

Sediakan Obat-Obatan Pribadi

Selalu siapkan obat-obatan pribadi, terutama jika memiliki penyakit yang memerlukan pengobatan rutin. Pastikan untuk membawa obat tersebut selama perjalanan agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Konsumsi Suplemen atau Vitamin

Vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Konsumsilah suplemen tambahan atau vitamin C selama perjalanan agar kesehatan terjaga. Namun, tetaplah mengonsumsi buah dan sayur segar untuk mendapatkan vitamin alami yang dibutuhkan tubuh.

Populer video

Berita lainnya