Begini Tips Menghadapi Teman yang Egois

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Teman Egois
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap individu memiliki rasa ego yang kadarnya berbeda-beda yang dipengaruhi kondisi keluarga hingga pengalaman hidup. Karenanya, dalam berteman, perlu memengaruhi memahami karakter masing-masing tanpa harus bermusuhan. Sebab, rasa ego ini bisa bisa merusak persahabatan jika tidak mengetahui cara menghadapinya. Melansir laman klikdokter, begini cara menghadapi orang egois.

Sampaikan Keluh Kesah Baik-baik

Coba sampaikan perasaan Anda yang sebenarnya. Katakan kalau sebenarnya Anda tidak enak hati diperlakukan demikian. Namun perlu diingat, sampaikan secara gamblang tampa harus sindir-menyindir terlebih dahulu. Utarakan keluh kesah layaknya sedang mengobrol dengannya. Cara ini bisa juga menjadi bahan refleksi teman yang egois untuk bersikap lebih baik.

Pahami dari Mana Ia Berasal

Terkadang apa yang terjadi dalam keluarga memang memengaruhi cara seseorang bergaul. Anda bisa memahaminya dari faktor ini. Selain itu, pahami juga bagaimana masa lalunya, mungkin ada pengalaman hidup yang membuatnya bersikap demikian. Misalnya, ia selalu kehilangan sesuatu (haknya diambil orang lain) dan jarang dibantu.

Terima Apa Adanya

Cara menghadapi teman yang seenaknya sendiri adalah juga mengingat sifat baiknya. Ingat bahwa semua orang punya kelebihan dan kekurangan. Menerima apa adanya penting untuk dilakukan agar kita tidak saling menyalahkan saat emosi.

Mengubahnya Bukan Tanggung Jawabmu

Jangan memaksakan diri harus mengubah sikap egois teman. Mungkin saja sebenarnya Anda punya suatu kekurangan yang sama menjengkelkannya. Jika terus memaksakan diri untuk merubahnya, berarti Anda juga termasuk egois.

Jangan Mudah Tersinggung

Hal ini cukup penting bila ingin pertemanan langgeng. Mudah tersinggung cenderung hanya akan membuat interaksi dan komunikasi tidak berjalan mulus. Namun, bila dirasa sudah benar-benar kelewat batas, jangan sungkan untuk mengutarakannya dengan cara yang baik.

Coba Tukar Posisi

Cara mengatasi teman yang egois bisa dengan memberikan sudut pandang lain kepadanya. Dengan begitu, ia akan belajar memahami situasi orang lain.

Jangan Gengsi Meminta Maaf

Jika tetap ingin persahabatan langgeng, jangan gengsi untuk meminta maaf duluan. Teman yang egois cenderung tidak mau merasa salah apalagi minta maaf duluan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengalah. Ketika suasana sudah nyaman, Anda bisa membahas permasalahan tersebut dengan situasi yang lebih menyenangkan. Ia pun bisa mengetahui kesalahannya tanpa tersinggung.

Populer video

Berita lainnya